Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending Viral2 Planet Ekstrasurya Ini Dipenuhi Air Bak Bumi dan Berpotensi Ditinggali

Viral: 2 Planet Ekstrasurya Ini Dipenuhi Air Bak Bumi dan Berpotensi Ditinggali

2 Planet Ekstrasurya Ini Dipenuhi Air Bak Bumi

Info Viral: Peneliti dari University of Montreal menemukan dua exoplanet atau planet ekstrasurya yang disebut “planet air” karena permukaannya dipenuhi oleh air.

Mengutip resmi dari Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), dua planet di luar Tata Surya itu mengorbit bintang kerdil (dwarf) merah.

Kedua planet ini berlokasi di sistem planet yang berjarak 218 tahun cahaya dari konstelasi Lyra.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Viral: Anak Indigo Ungkap Peristiwa Mistis Yang Terjadi Saat 5 Planet Sejajar di Tata Surya

Satuviral

Sebagian Besar Permukaan Didominasi Air

Ilmuwan yang memimpin riset “dunia penuh dengan air” ini adalah Caroline Piaulet dari Trottier Institute for Research on Exoplanets di University of Montreal.

Piaulet dan rekannya mengamati planet ekstrasurya Kepler-138 c dan Kepler-138 d dengan teleskop Hubble milik NASA dan teleskop antariksa yang sudah pensiun, Spitzer.

Dalam pengamatan yang berlangsung antara 2014 dan 2016 itu, mereka menemukan, dua planet ini bisa saja sebagian besar disusun dari air.

Faktanya, para peneliti belum secara langsung mendeteksi keberadaan air di kedua planet tersebut. Mereka hanya membandingkan ukuran dan massa keduanya dengan model.

Dipenuhi Bahan yang Lebih Ringan dari Batu

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa sebagian besar volumenya (hampir setengah) kemungkinan besar terbuat dari bahan yang lebih ringan dari batu tetapi lebih berat dari hidrogen atau helium. Bahan yang termasuk dalam kategori ini adalah air.

Sebagai perbandingan, lautan di bumi menutupi sekitar 72 persen permukaannya. Sisanya adalah tanah.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
<a href=httpssatuviralcom title=>httpssatuviralcom<a>

Viral: Besok, 5 Planet Tata Surya Bakal Sejajar, Apa Efeknya Untuk Bumi?

Satuviral

“Kami sebelumnya berpikir bahwa planet yang sedikit lebih besar dari Bumi adalah bola logam dan batu raksasa, seperti Bumi yang diperbesar, itulah sebabnya kami menyebutnya Bumi super,” kata salah satu peneliti yang terlibat di studi ini, Bjorn Benneke.

“Namun demikian, kami sekarang punya bukti bahwa dua planet ini, Kepler-138 c dan d, cukup berbeda bahwa sebagian besar dari volumenya disusun oleh air. Ini adalah bukti terbaik untuk planet air, sebuah tipe planet,” kata Benneke yang juga profesor astrofisika dari University of Montreal.

Kepler 138-c dan d dikatakan tiga kali volume dan dua kali massa Bumi. Namun, kedua exoplanet tersebut kurang padat dibandingkan Bumi.

Ini mengejutkan karena sebagian besar planet yang sedikit lebih besar yang dipelajari sejauh ini berbatu.

Menurut para ahli, perbandingan terdekat adalah rangkaian bulan dingin di luar tata surya, yang sebagian besar juga terdiri dari air yang mengelilingi inti batuan.

“Bayangkan versi yang lebih besar dari Europa atau Enceladus, dua bulan kaya air yang mengorbit Jupiter dan Saturnus tetapi sangat dekat dengan bintang mereka. Alih-alih memiliki permukaan es, keduanya memiliki uap air dalam jumlah besar, kata Piaulet.

Bisa Ditinggali?

Sayangnya, menurut para ahli, Kepler-138 c dan d berada di luar zona layak huni. Itu karena suhu atmosfer Kepler-138 d lebih tinggi dari titik didih air, sehingga tidak memiliki lautan seperti Bumi.

“Hanya di atmosfer lembab itulah kemungkinan air berbentuk cair pada tekanan tinggi, atau bahkan air pada fraksi lain yang dihasilkan pada tekanan tinggi, disebut cairan superkritis,” kata Piaulet.

Para ahli juga menemukan Kepler-138 e, yang berukuran lebih kecil namun berada di tepi zona layak huni.

“Kami mendeteksi keberadaan Kepler-138 e, sebuah planet transit yang tidak mungkin di tepi dalam zona layak huni,” tulis para ahli dalam sebuah artikel yang merinci studi mereka, yang diterbitkan di majalah Nature Astronomy.

Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral