Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeHealth5 Cara Berjalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan

Viral: 5 Cara Berjalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan

Cara Berjalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan

Info Viral: Sebagian besar dari kita mungkin tidak pernah memperhatikan cara berjalan yang benar. Padahal, gaya berjalan yang kita lakukan setiap hari bisa berdampak pada kesehatan tulang dan sendi.

Berjalan dengan teknik dan postur yang tepat dapat membantu kamu bernapas dalam-dalam, merilekskan bahu dan leher, serta mencegah sakit punggung.

Untuk dapat memahami cara berjalan yang baik dan benar, kamu perlu fokus pada semua gerakan bagian tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Merangkum dari berbagai sumber, berikut cara berjalan yang benar untuk kesehatan tulang dan sendi:

Cara Berjalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan - Satuviral – SATUVIRAL

Ternyata Ini Bahaya Permen Karet Jika Tertelan!

Satuviral

1. Berdiri Tegak

Berjalan dengan posisi tubuh membungkuk hanya akan membuat sulit bernafas. Kebiasaan ini juga dapat dengan mudah menyebabkan nyeri pinggang.

Postur berjalan yang benar adalah berdiri tegak dengan merentangkan tulang belakang. Untuk menentukan apakah tulang belakang meregang, kamu dapat meletakkan ibu jari di tulang rusuk bagian bawah dan meletakkan ujung kelingking di pinggul atau selangkangan.

Saat kamu berdiri tegak, jarak antara kedua bagian ini bertambah. Coba pertahankan postur ini saat berjalan, oke?

2. Mengangkat Kepala

Langkah selanjutnya dalam berjalan dengan benar adalah mengangkat kepala. Jangan biarkan kepala Anda jatuh ke dada saat kamu menginjaknya, oke?

Jika bisa, fokuslah pada 10 atau 20 kaki ke depan saat kamu berjalan.

Lanjut ke sebelah…

3. Merilekskan leher, bahu, dan punggung

Hanya karena kamu harus berdiri tegak bukan berarti tubuh kamu harus lebih tegang. Usahakan agar leher, bahu, dan punggung kamu tetap rileks saat berjalan.

Alasannya adalah bahu yang tegang atau membungkuk ke depan memberi tekanan lebih pada otot dan persendian di sekitarnya.

Untuk memastikan tubuh benar-benar rileks, bahu bisa dinaikkan setinggi mungkin. Kemudian, putar bahu kamu ke belakang dan biarkan jatuh dengan bebas.

Cara Berjalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan - Satuviral – SATUVIRAL

7 Cara Mudah dan Efektif Untuk Cepat Tidur

Satuviral

4. Kencangkan otot perut

Hal selanjutnya yang harus dilakukan saat berjalan adalah mengencangkan perut. Otot-otot di perut kamu memainkan peran penting dalam memungkinkan kamu berjalan dengan lebih mudah.

Jika bisa, fokuslah untuk mengencangkan perut kamu setiap kali kamu melangkah maju. Ini dapat membantu kamu menjaga keseimbangan dan mengurangi stres dan ketegangan pada punggung kamu.

5. Mengayunkan Lengan

Lengan kamu harus berayun bebas di sisi tubuh saat kamu berjalan. Namun, kebanyakan orang masih sering lupa melakukan cara berjalan yang benar ini.

Cobalah untuk membiasakan mengayunkan lengan ke depan dan ke belakang. Gunakan bahu kamu sebagai sumbu ayunan lengan, bukan siku ya.

Kamu juga harus menghindari mengayunkan lengan terlalu tinggi. Lakukan saja di bagian tengah tubuh atau di sekitar bokong, oke?

Demikian beberapa cara jalan kaki yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi, semoga bermanfaat dan informatif bagi kamu.

Update terus dengan Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral