Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeFilm5 Film Seru Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

5 Film Seru Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Nonton Asyik Bareng Keluarga & Teman

Film Viral; Sobat Viral, sebentar lagi kita memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus. Yuk kita coba flashback sejarah Indonesia lewat 5 film kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia ini.

Jenderal Soedirman (2015)

Film yang dibintangi oleh aktor tampan Adipati Dolken ini berdurasi dua jam. Kisahnya menceritakan tentang perjuangan sang Jenderal Soedirman pada masa kolonial Belanda di Indonesia.

Sang Jenderal yang mengalami sakit keras ketika melakukan perjalanan ke Selatan untuk misi gerilya selama tujuh bulan. Misi gerilya tersebut berhasil membuat pasukan Belanda kewalahan karena kehabisan logistik dan akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen. Akhirnya Belanda mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.

Avenger Secret Wars: Duel Pahlawan vs Penjahat Super

Satuviral

Merah Putih (2009)

Merah Putih merupakan kolaborasi rumah produksi nasional dengan internasional. Film yang rilis pada tahun 2009 merupakan bagian pertama dari “Trilogi Merdeka”. Ketiganya merupakan salah satu film sejarah terbaik yang mengisahkan para pejuang Indonesia yang melawan Belanda saat Agresi militer Belanda 1947.

Suasana perang dalam film ini begitu terlihat nyata seakan kita sebagai penonton sedang terlibat dalam perang. Hal itu terjadi karena ‘Merah Putih’ melibatkan ahli-ahli Hollywood untuk proses produksinya.

Salah satunya ahli efek visual Adam Howarth yang sempat sukses dengan ‘Saving Private Ryan’ dan ‘Blackhawk Down’. Selain itu Merah Putih diperankan secara apik oleh sejumlah aktor senior seperti Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, dan Darius Sinathrya.

Maka tak heran jika film ini masuk dalam nominasi sebagai Musik Original Terbaik dalam ajang Piala Citra. Sekuel selanjutnya dari Merah Putih yang berjudul ‘Darah Garuda’ dan ‘Hati Merdeka’ secara berturut-turut dirilis pada tahun 2010 dan 2011.

Manoj Punjabi Berencana Buat Film Kisah Hidup Laura Anna

Satuviral

Soekarno (2013)

Sutradara ternama Hanung Bramantyo menggarap film ini. Kisahnya menceritakan perjalanan hidup Soekarno sebagai sang proklamator bangsa. Soekarno menampilkan Ario Bayu sebagai sosok Bung Karno, beradu peran dengan Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, hingga Sujiwo Tejo.

Film biografi ini termasuk salah satu film tokoh perjuangan Indonesia terbaik. Tak hanya tokoh Soekarno, beberapa tokoh nasional lain juga ikut menjadi saksi perjuangan proklamasi seperti terdapat tokoh Hatta dan Sjahrir.

Selain itu, pidato-pidato Soekarno yang penuh semangat pun juga turut dibacakan, yaitu salah satunya berjudul “Indonesia Menggugat”. Sarat nilai perjuangan, film dengan durasi 137 menit ini diganjar gelar Film Terpuji dari Festival Film Bandung (FFB) ke-27 pada 2014.

Tjokroaminoto (2015)

Tjokroaminoto ialah film bertema perjuangan Indonesia yang dirilis pada 2015. Film garapan Garin Nugroho ini melibatkan sebagian aktor senior tanah air,diantaranya Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, sampai Sujiwo Tejo.

Film ini sendiri mengisahkan guru bangsa yang sukses jadi pendidik untuk tokoh- tokoh pemimpin Indonesia. Pada 2014, film Tjokroaminoto sukses memenangkan 3 jenis pada Festival Film Indonesia 2015, ialah Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, serta Tata Busana Terbaik.

Battle of Surabaya (2015)

Film bertema perjuangan Indonesia kali ini menggunakan tampilan animasi 2 dimensi. Battle of Surabaya ini diproduksi oleh MSV Pictures, dan disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Kisah dalam film ini mengadaptasi peristiwa besar di Surabaya, yaitu pertempuran 10 November 1945. Berfokus pada kisah seorang tukang semir sepatu Bernama Musa. Ia bertugas juga menjadi kurir bagi arek-arek Suroboyo dan TKR.

Kisah dan animasi apiknya membawa Battle of Surabaya menjuarai berbagai penghargaan film ternama. Film ini juga menjadi salah satu film Indonesia tersukses di ajang Internasional.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih diantaranya Best Animation di Milan International Film Festival 2017 dan Best Animation dalam Berlin International Film Festival 2017. Selain itu Walt Disney Pictures melirik film ini dan membantu mendistribusikannya ke keseluruh dunia.

Nah, itu dia rekomendasi film sejarah Indonesia tentang perjuangan bangsa Sobat Viral. Film-film di atas bukan hanya berfungsi sebagai hiburan, namun juga bisa memberikan pengetahuan dan pesan moral untuk selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Paling enak film ini ditonton rame-rame dengan keluarga atau teman-teman.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
286FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement