Monday, February 26, 2024
HomeKuliner5 Kuliner Khas Indonesia dengan Nama Nyeleneh

Viral: 5 Kuliner Khas Indonesia dengan Nama Nyeleneh

Kuliner Khas Indonesia dengan Nama Nyeleneh

Info Viral: Masakan kuliner Indonesia merupakan bagian dari warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan. Masakan khas Indonesia terkenal di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan aromanya yang menggugah selera. Bahkan, masakan Indonesia juga memiliki nama yang unik di setiap daerah.

Meski memiliki nama yang unik dan nyentrik. Kelezatan tradisional ini enak dan membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya.

Berikut ini 5 kuliner khas Indonesia dengan nama nyeleneh.

Tahu Upil

Kuliner khas Tegal ini memiliki nama Tahu Upil. Tapi kuliner ini tidak identik dengan kotoran hidung. Kelezatan tahu dan cuka ini gurih dan lezat, seperti tahu goreng biasa tapi penuh dengan cuka.

- Advertisement -

Info viral soal nama tahu upil, kuliner ini memiliki diameter tahu yang kecil dan isian aci yang sedikit. Hal ini lah yang membuat masyarakat Tegal kerap menyebutnya seupil, yang akhirnya dikenal dengan Tahu Upil.

Kethek Bacin

Kebumen, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, mulai mengembangkan pariwisata dan kulinernya. Salah satunya adalah Kethek Bacin, terdengar aneh bukan?

Masakan ini, awalnya sulit ditemukan, dibuat dengan ampas produksi pirang atau minyak kelapa. Dikukus dengan daun pisang yang dibalut dengan bumbu pilihan, rasanya enak dan nikmat.

Biasanya masakan ini disantap dengan nasi panas, tempe goreng atau getuk.

Kuliner Khas Indonesia dengan Nama Nyeleneh - Satuviral – SATUVIRAL

3 Kuliner Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Satuviral

Nasi Kentut

Mungkin nama restoran ini terdengar aneh bagi sebagian orang. Makanan khas Medan, Sumatera Utara ini memiliki cita rasa yang unik dan sehat.

Nama nasi kentut mendapat namanya dari bumbu yang digunakan dalam pengolahan nasi, daun sembukan atau atau yang disebut masyarakat sekitar daun kentut.

Daun kentut membantu pencernaan dan mengatasi perut kembung. Nasi Kentut disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti teri, pepes oncom, tumis sayur hingga ayam goreng, dan disajikan dengan berbagai sambal. Bukan karena baunya, tapi karena khasiat salah satu bumbunya, daun sembukan.

Lanjut ke sebelah…

Memek

Selanjutnya makanan khas aceh tepatnya salah satu kabupaten aceh yaitu kabupaten simeulue. Perpaduan lezat antara pisang, ketan, santan, dan gula ini memiliki nama yang aneh, yang pasti akan mengejutkan kamu jika baru pertama kali mendengarnya.

Kuliner yang sudah ada sejak zaman kerajaan ini menawarkan makanan yang sangat lezat dengan harga yang terjangkau. Arti dari nama memek ini sebenarnya adalah mengunyah atau menggigit.

Masakan ini juga menjadi salah satu makanan wajib saat pejabat pemerintah atau orang penting berkunjung ke Simeulue.

Kuliner Khas Indonesia dengan Nama Nyeleneh - Satuviral – SATUVIRAL

Bule Ini Jualan Kuliner Indonesia di Sydney

Satuviral

Kerupuk Melarat

Jenis kuliner biskuit unik ini berasal dari Cirebon di Jawa Barat. Kerupuk yang identik dengan warna-warni digoreng tidak menggunakan minyak, melainkan digoreng dengan pasir khusus.

Kerupuk ini pada awalnya ada pada masa penjajahan ketika rakyat Indonesia masih miskin dan tidak memiliki minyak goreng.

Saat itu juga masyarakat Cirebon tetap memanfaatkan apa pun untuk mempertahankan produksi kerupuk, salah satunya dengan memanfaatkan pasir. Melarat sendiri berarti miskin oleh masyarakat Cirebon.

Dengan demikian, kerupuk rendah kalori yang digoreng menggunakan pasir ini dinamakan dengan kerupuk melarat.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -