Monday, February 26, 2024
HomeKuliner5 Kuliner Solo Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

Viral: 5 Kuliner Solo Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

Kuliner Solo Paling Terkenal

Info Viral: Solo, kota yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Tidak hanya itu, kuliner Solo paling terkenal bisa kamu coba untuk merasakan kelezatan cita rasa khas kota ini.

Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas. Nasi Liwet disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, telur pindang, tempe, tahu, dan sayuran. 

Rasanya yang lezat dan aromanya yang menggoda membuat Nasi Liwet menjadi kuliner Solo paling terkenal. Salah satu tempat yang terkenal dengan Nasi Liwetnya adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang telah berdiri sejak tahun 1945.

Kuliner Solo Paling Terkenal - Satuviral – SATUVIRAL

Gudeg

- Advertisement -

Gudeg adalah hidangan khas Yogyakarta dan Solo yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dengan tambahan gula merah dan rempah-rempah. Gudeg Solo memiliki cita rasa yang berbeda dengan versi Yogyakarta, yaitu lebih manis dan kental. 

Biasanya, Gudeg disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, tahu, dan sambal krecek. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi Gudeg Solo adalah Gudeg Yu Djum yang telah berdiri sejak tahun 1950.

Sate Buntel

Sate Buntel adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibalut dengan lemak sapi. Kemudian, sate tersebut dipanggang hingga matang sempurna. 

Daging yang lembut dan rasa lemak yang meleleh di mulut membuat Sate Buntel menjadi kuliner yang sangat disukai. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Sate Buntel adalah Sate Buntel Pak H. Bejo, yang telah menjadi ikon kuliner Solo sejak tahun 1973.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng atau dipanggang. Serabi ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa gurih yang khas.

Biasanya, Serabi Notosuman disajikan dengan kelapa parut dan gula merah cair di atasnya. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi Serabi Notosuman adalah Serabi Notosuman Mbak Lies, yang telah menjadi ikon kuliner Solo sejak tahun 1920.

Kuliner Solo Paling Terkenal - Satuviral – SATUVIRAL

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman hangat yang terdiri dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang tanah, wijen, dan gula merah. Bola-bola ketan ini kemudian disajikan dalam kuah jahe manis. 

Wedang Ronde merupakan minuman yang populer di Solo, terutama saat cuaca dingin atau musim hujan. Salah satu tempat yang terkenal dengan Wedang Ronde di Solo adalah Warung Wedang Ronde Mbah Mo yang telah berdiri sejak tahun 1947.

Dengan mencoba lima kuliner Solo yang paling terkenal ini, Anda akan merasakan kekayaan rasa dan kelezatan tradisional kota ini.

Kuliner Solo Paling Terkenal - Satuviral – SATUVIRAL

Tidak hanya memuaskan selera, kuliner-kuliner ini juga mencerminkan budaya dan warisan kuliner yang kaya dari Solo. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner yang lezat ini ketika berkunjung ke Solo.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -