Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeDestination6 Oleh-Oleh Jayapura yang Cocok Jadi Kenang-Kenangan

Viral: 6 Oleh-Oleh Jayapura yang Cocok Jadi Kenang-Kenangan

Oleh-Oleh Jayapura

Info Viral: Jayapura tidak hanya menawarkan makanan khas tetapi juga oleh-oleh lain dari berbagai kerajinan lokal. Beberapa di antaranya bahkan sulit ditemukan di daerah lain.

Souvenir berupa kerajinan tangan tentunya merupakan oleh-oleh yang sangat cocok, karena bisa sekaligus dijadikan sebagai dekorasi interior yang menambah banyak warna pada rumah. 

Oleh-oleh ini juga dijamin awet. Berikut beberapa oleh-oleh yang direkomendasikan dari Jayapura:

1. Tas Noken

Tas Noken merupakan salah satu perlengkapan sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Papua setempat. Dibuat dengan rajutan, tas ini tersedia dalam berbagai warna.

Biasanya tas selempang ini dikenakan di kepala. Penduduk setempat menggunakan tas ini untuk membeli makanan.

Oleh-Oleh Jayapura yang Cocok Jadi Kenang-Kenangan - Satuviral – SATUVIRAL

Hindari Pakaian Ini Saat Pemeriksaan di Bandara

Satuviral

2. Alat Musik Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional dari Indonesia Timur. Alat musik ini mirip dengan gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

Bahan yang biasa digunakan adalah kayu lenggua terbaik yang dilapisi kulit binatang seperti rusa atau biawak. Bentuknya yang ramping membuat instrumen ini mudah dibawa dan dijadikan oleh-oleh.

3. Pakaian Koteka

Koteka sudah menjadi salah satu identitas masyarakat Jayapura sehingga tidak bisa ditemukan di daerah lain. Oleh karena itu, koteka menjadi pilihan terbaik untuk oleh-oleh bagi wisatawan.

Koteka umumnya digunakan sebagai pengganti pakaian dalam pria sehari-hari Koteka dibuat khusus dari kulit labu kuning dan dijemur.

Biasanya koteka pendek digunakan untuk bekerja. Sedangkan koteka yang berukuran lebih panjang digunakan sebagai pakaian upacara adat.

4. Kerajinan Batik

Jayapura juga memiliki batik sendiri. Batik khas Papua ini identik dengan motif burung cendrawasih yang cantik.

Selain itu, kain ini cukup eye-catching karena hadir dalam berbagai kombinasi warna. Biasanya, kain ini digunakan untuk acara formal dan budaya.

5. Patung Suku Asmat

Jika pilihan kamu adalah kenang-kenangan, maka patung suku Asmat adalah pilihan yang tepat. Lebih jauh lagi, dengan memilih oleh-oleh tersebut, kamu ikut serta dalam melestarikan budaya suku Asmat.

Oleh-Oleh Jayapura yang Cocok Jadi Kenang-Kenangan - Satuviral – SATUVIRAL

5 Wisata Pantai di Jawa Timur Dekat Air Terjun

Satuviral

Patung Suku Asmat merupakan kerajinan ukiran kayu yang berbentuk patung. Bentuk dan ukiran yang ditawarkan sangat beragam dan bisa kamu pilih sesuai keinginan.

6. Mutiara Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia timur. Oleh-oleh khas daerah ini adalah mutiara.

Padahal, budidaya mutiara merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat di daerah tersebut. Meski harganya cukup keterlaluan, namun sepadan dengan keaslian dan keindahannya. Mutiara ini bisa digunakan dalam berbagai aksesoris seperti kalung, cincin, gelang dan lainnya.

Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral