Saturday, February 24, 2024
HomeTrending Viral8 Tradisi Ramadan Unik yang Cuma Ada Selama Ramadan

Viral: 8 Tradisi Ramadan Unik yang Cuma Ada Selama Ramadan

Tradisi Ramadan Untuk Mempererat Silaturahmi

Info Viral: Beragam tradisi unik selalu hadir selama bulan Ramadan. Setiap daerah punya tradisi yang berbeda untuk menjalankan bulan suci ini. Tradisi ramadan unik yang biasa mucul mulai dari kegiatan ibadah hingga kegiatan sosial. Berikut adalah beberapa tradisi unik yang dilakukan selama bulan Ramadan:

Sahur Bersama

Sahur merupakan waktu makan sebelum puasa yang dilakukan sebelum fajar. Selama bulan Ramadan, ada tradisi yang dilakukan di beberapa tempat di Indonesia, yaitu sahur bersama.

Dipedesaan, kegiatan Sahur bersama biasanya diadakan di masjid . Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan menambah semangat untuk menjalankan ibadah puasa. Namun diperkotaan, Sahur bisa dilakukan dimanapun.

Tarawih Bersama

Tarawih adalah salat sunah yang dilakukan setelah salat Isya’ selama bulan Ramadan. Selama tarawih, biasanya dilakukan membaca Al-Quran secara berjamaah. Tarawih bersama dilakukan di masjid atau di tempat-tempat tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada Al-Quran serta mempererat tali silaturahmi antarwarga.

Viral: Kapan Sebaiknya Anak Mulai Puasa Ramadan?

Satuviral
Tradisi Ramadan- Satuviral – SATUVIRAL
Tradisi Ramadan- Satuviral
Berbuka Puasa dengan Makanan Khas

Di beberapa tempat di Indonesia, ada tradisi unik yang dilakukan selama bulan Ramadan yaitu berbuka puasa dengan makanan khas. Misalnya, di Jakarta terdapat tradisi berbuka puasa dengan kolak atau bubur kacang hijau.

- Advertisement -

Sedangkan di Yogyakarta, terdapat tradisi berbuka puasa dengan gudeg atau nasi pecel. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan makanan khas daerah serta memperbanyak kegiatan sosial selama bulan Ramadan.

Membagikan Takjil

Takjil adalah makanan kecil yang diberikan kepada orang-orang yang sedang berbuka puasa. Selama bulan Ramadan Sejumlah pihak kerap membagikan takjil kepada orang-orang yang sedang berbuka puasa di jalan atau di tempat-tempat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga serta memberikan kebaikan kepada orang lain.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan selama bulan Ramadan. Zakat fitrah biasanya berupa beras atau makanan lainnya yang diserahkan kepada orang yang membutuhkan. Selama bulan Ramadan, ada tradisi unik yang dilakukan yaitu menyalurkan zakat

fitrah dalam bentuk makanan atau uang kepada orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mereka yang kurang mampu dan memberikan kebaikan kepada orang lain.

Berinfaq di Bulan Ramadan

Selain zakat fitrah, berinfaq juga menjadi tradisi unik yang dilakukan selama bulan Ramadan. Berinfaq berarti memberikan sebagian harta untuk kepentingan yang lebih besar seperti untuk membantu orang yang membutuhkan, pembangunan masjid, dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial serta memperbanyak kegiatan ibadah selama bulan Ramadan.

Viral: Bagaimana Hukumnya Berkata Kasar dan Kotor Saat Bulan Puasa?

Satuviral
 – SATUVIRAL
#image_title

Qiyamul Lail

Qiyamul Lail merupakan ibadah yang dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan dengan membaca Al-Quran, berdoa, dan melakukan salat tahajud. Qiyamul Lail biasanya dilakukan di masjid atau di tempat-tempat tertentu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada Al-Quran serta memperbanyak kegiatan ibadah selama bulan Ramadan.

Istighotsah

Istighotsah merupakan doa yang dilakukan secara berjamaah selama bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan dengan membaca doa dan berdoa bersama-sama. Istighotsah biasanya dilakukan di masjid atau di tempat-tempat tertentu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga serta memperbanyak kegiatan ibadah selama bulan Ramadan.

Itulah beberapa tradisi unik yang dilakukan selama bulan Ramadan. Selama bulan suci ini, ada banyak kegiatan ibadah dan kegiatan sosial yang dilakukan untuk meningkatkan kecintaan pada agama. Juga serta mempererat tali silaturahmi antarwarga. Semoga tradisi-tradisi ini dapat terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -