Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralAda Fenomena Solstis Besok, Ini Penyebab dan Dampaknya

Viral: Ada Fenomena Solstis Besok, Ini Penyebab dan Dampaknya

Ada Fenomena Solstis Besok

Info Viral: Sempat viral dengan informasi yang salah, fenomena titik balik Matahari atau solstis (solstice) bakal terjadi sebentar lagi.

Dilaporkan sebelumnya, hoaks tentang solstis menyebar usai sebuah video di TikTok yang mengimbau masyarakat tidak keluar malam pada 21 Desember 2022.

“Dilarang keluar malam tanggal 21 Desember 2022,” tulis akun @hendrikecee dalam video yang telah disukai lebih dari 240.000 pengguna tersebut. Video tersebut tidak memberikan penjelasan apapun selain teks di atas.

Ada Fenomena Solstis Besok - Satuviral – SATUVIRAL

Viral: Ramalan Bencana Alam 2023 Anak Indigo, Ada Tsunami Besar di Kota A

Satuviral

Akun Twitter dengan puluhan ribu pengikut telah berulang kali ditemukan men-tweet bertentangan dengan fakta ilmiah dan mengklaim bahwa titik balik matahari terkait dengan bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi dan tsunami, yang memicu hoaks.

Namun, unggahan tersebut telah dihapus dua hari lalu.

Apa itu Fenomena Solstis?

Lembaga Penelitian Dirgantara Nasional (ORPA/LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan bahwa titik balik matahari berasal dari bahasa Latin: solstitium, yang terdiri dari dua kata yakni sol (Matahari) dan stitium yang berarti tempat berhenti, singgah, atau balik.

Solstis yang juga berarti titik balik Matahari, dapat didefinisikan sebagai “peristiwa ketika Matahari berada paling utara maupun selatan ketika mengalami gerak semu tahunannya, relatif terhadap sumbu ekuator langit.”

Fenomena ini terjadi dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Penyebabnya, sumbu putar Bumi dimiringkan sebesar 23,44 derajat relatif terhadap bidang yang tegak lurus ekliptika (sumbu utara-selatan ekliptika).

Ada Fenomena Solstis Besok - Satuviral – SATUVIRAL

Viral: Ramalan Artis 2023 Versi Anak Indigo, Ada Pembunuhan dan Skandal Video Mesum

Satuviral

Saat Bumi berputar, ia juga mengorbit Matahari, jadi terkadang Kutub Utara dan Belahan Bumi Selatan menjauh dari Matahari. Ini adalah titik balik matahari bulan Juni.

Sebaliknya, titik balik matahari terjadi ketika Kutub Selatan dan belahan Bumi selatan miring ke arah Matahari, sedangkan Kutub Utara dan Belahan Bumi utara miring menjauhi Matahari.

Kapan itu terjadi?

ORPA/LAPAN mengungkap Solstis Desember 2022 terjadi pada Kamis (22/12) pukul 10.27.23 WIB/11.27.23 WITA/12.27.23 WIT.

Lembaga ini menjelaskan bahwa titik balik matahari memang mempengaruhi banyak hal, yaitu gerak semu harian matahari saat terbit, berakhir, dan terbenam; intensitas radiasi matahari yang diterima permukaan bumi; durasi siang dan malam; dan pergantian musim.

“Dampak titik balik matahari yang dirasakan umat manusia tentu tidak se-ekstrim narasinya, melainkan seruan yang disinformatif dan menyesatkan.” kata ORPA/LAPAN

Lembaga tersebut tidak menganggap titik balik matahari terkait dengan banyak bencana alam, mulai dari gempa bumi hingga banjir pasang.

“Meskipun ada letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan gelombang pasang pada hari titik balik matahari, fenomena ini sama sekali tidak terkait dengan titik balik matahari,” lanjutnya.

“Karena titik balik matahari adalah fenomena astronomi murni, itu juga mempengaruhi iklim dan musim di Bumi. Pada saat yang sama, fenomena ini (letusan, gempa bumi, tsunami, banjir pasang surut) masing-masing disebabkan oleh aktivitas vulkanik, seismik, samudera, dan hidrometeorologi,” ORPA/BRIN.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satu Viral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral