Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralAdu Argumen Netizen Vs RK Viral di Medsos, Soal Apa Sih?

Viral: Adu Argumen Netizen Vs RK Viral di Medsos, Soal Apa Sih?

Adu Argumen Viral di Media Sosial

Info Viral: Masjid Al Jabbar kini terus menarik perhatian sejumlah masyarakat. Setelah dibuka pada 30 Desember 2022 lalu, banyak netizen yang mengagumi kemegahannya, namun tak sedikit yang mengkritik proyek pembangunan yang menelan biaya sekitar 1,2 triliun rupiah tersebut.

Sebelumnya, setelah Masjid Al Jabbar selesai dibangun, ia dikejutkan dengan sampah yang berserakan dan pengunjung yang berenang di kolam masjid, kini seorang netizen di Twitter mengkritik masjid tersebut. Kritikan tersebut disampaikan oleh akun @outst**** beberapa waktu lalu.

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar - Satuviral – SATUVIRAL

Ridwan Kamil Beri Kritik Menohok untuk Baim Wong

Satuviral

Kritik Soal Masjid Menggunakan Dana APBD

Singkat kata, dari seluruh cuitan akun tersebut, Ridwan Kamil langsung membalas. Dalam unggahan @outst****, dia mengkritik penggunaan APBD untuk membangun Masjid Al Jabbar.

Ia menilai ada kebutuhan yang lebih mendesak daripada membangun Masjid Jabbar, seperti transportasi umum.

“Bikin mesjid itu perbuatan mulia, dengan berwakaf jd amal jariyah. Tapi kalau mesjid pakai dana APBD? Pembayar pajak itu berbagai kalangan. Akad bayar pajak BUKAN akad wakaf. Kalau di agama Islam, tdk sembarang dana bisa dipakai utk Mesjid!,” tulis @outst**** dikutip Kamis (4/1/).

Cuitan ini yang kemudian dikomentari langsung oleh Ridwan Kamil. Namun, RK membalas cuitan tersebut di akun Instagram pribadinya @ridwankamil sambil mengunggah tangkapan layar cuitan dari akun @outst****.

Ridwan Kamil Jawab Gini

“Penggunaan dana negara itu adalah kesepakatan bersama, dibahas dengan musyawarah bersama rakyat dalam forum Musrenbang. Itulah kenapa, kita memilih demokrasi. Dimana rakyat bisa menitipkan aspirasi melalui pemda atau sistem perwakilan yaitu DPR/D,” tulis RK.

Kang Emil Bakal Main di Sinetron Religi - Satuviral – SATUVIRAL

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar yang Kolamnya Jadi Tempat Renang

Satuviral

RK menyatakan, penggunaan APBD tidak bisa digunakan semata-mata untuk pembangunan masjid.

Beberapa tempat ibadah lain di Indonesia, seperti gereja dan kelenteng, punya anggaran akses ke APBN. Salah satunya, ia mencontohkan pembangunan Masjid Raya Istiqlal yang dibangun pada 1961 melalui APBN dengan dana Rp7 miliar.

“Masjid, Gereja, Pura semua BISA dibiayai negara selama itu disepakati eksekutif dan legislatif. Masjid Istiqlal dibiayai 7 Milyar rupiah di tahun 1961 melalui APBN. Di wilayah mayoritas kristiani APBD dialokasikan untuk gereja. Di wilayah Bali, APBD/N dipakai untuk membangun kawasan ibadah Pura,” ungkapnya.

“Jikaakang senang isu transportasi publik dan tidak suka masjid, silakan saja. “Niat saya bayar pajak, bukan wakaf!”. Betul. Kewajiban anda adalah membayar pajak, namun hukum positif mengatakan, penggunaannya adalah wilayah kewenangan penyelenggara negara,” tambahnya.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral