Thursday, February 29, 2024
HomeTrending ViralAhli Duga Kematian Keluarga di Kalideres Karena Ritual Menyimpang

Viral: Ahli Duga Kematian Keluarga di Kalideres Karena Ritual Menyimpang

Kematian Keluarga Kalideres Diduga sama Bunuh Diri

Info Viral: Dugaan penyebab kematian satu keluarga di Kalideres Jakarta mulai terkuak. Ahli Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel, menduga satu keluarga ini tewas karena bunuh diri.

Menurutnya, tindakan bunuh diri ada kaitannya dengan ritual dan kepercayaan menyimpang yang dilakukan oleh anggota keluarga tersebut. Pasalnya polisi menemukan sejumlah buku-buku kepercayaan spiritual, kemenyan dan mantra-mantra ritual suatu aliran kepercayaan dalam TKP.

Viral: Ajaib! Pesawat Nyangkut di Menara Sutet, Semua Penumpang Selamat

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

“Tidak tertutup kemungkinan penyebab kematian keluarga tersebut adalah bunuh diri yang termotivasi oleh nilai spiritualitas tertentu. Mereka secara terencana ingin rest in peace. Meninggal dengan cara damai. Damai menurut mereka tentunya,” ujar Reza dalam keterangan pers yang ditulis Satu viral di Jakarta, Sabtu (03/12/2022).

Selain itu, diduga ada kesepakatan di antara mereka untuk bunuh diri. Hal ini tercermin dari kematian yang tidak serentak. Caranya, mereka menunjuk satu orang dalam rumah untuk menutup akses makanan ke tiga orang lainnya.

Fakta-fakta itulah yang memperkuat dirinya juga menduga tidak ada tindak pidana yang menyertai dalam upaya bunuh diri tersebut.

- Advertisement -

“Dengan situasi sedemikian rupa, kejadian di Kalideres dapat dipahami sebagai peristiwa bunuh diri. Polda Metro Jaya dapat menyatakan kasus ditutup,” katanya.

Viral: Ibu Negara Tester Makanan Pernikahan Kaesang – Erina

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Reza pun menjelaskan pandemi Covid-19 turut andil merusak kesehatan mental masyarakat. Saat itu masyarakat menunggu-nunggu obat penawar untuk wabah yang makin meluas. Dampaknya, muncullah sejumlah sekte di wilayah Eropa dan menyebar ke dunia.

Sekte ini memberikan ajaran yang diklaim obat pelipur lara. Salah satunya tindakan bunuh diri untuk mencapai kedamaian versi mereka. Pemberitaan bunuh diri juga bisa memancing pelaku lain untuk menirukan tindakan korban.

Jika dugaannya terbukti benar, ia mendorong polisi segera menghentikan kasus ini. Polisi juga diminta mengumumkan penyebab kematian agar obrolan kasus ini tidak menimbulkan kehebohan di masyarakat.

“Obrolan tentang kasus ini harus segera dihentikan. Sehingga tidak mendorong terjadinya penularan bunuh diri (suicide contagion) di tengah masyarakat,” katanya.

Polisi Duga Ada Ritual Kepercayaan Tertentu

Sebelumnya Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkap pihaknya menemukan adanya kegiatan yang mengaral pada ritual suatu kepercayaan tertentu. Sebab, polisi menemukan sejumlah buku mantra, buku aliran kepercayaan dan menyan dalam rumah

“Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan yang mengarah kepada almarhum Budyanto bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu,” kata Hengki.

Viral: Pertamina Naikkan Harga BBM, Ini Harga Terbaru!

Satuviral

Aktivitas ritual yang dijalankan oleh Budyanto itu diduga juga diikuti oleh tiga korban lainnya. Motif para korban melakukan ritual diduga percaya dapat hidup lebih baik usai meninggal.

“Hal ini mengakibatkan adanya suatu believe dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu,” jelas Hengki.

Ia menambahkan penyidik mendalam pada buku mantra, kemenyan dan buku-buku kepercayaan itu dengan kematian satu keluarga.

Dapatkan semua info viral terbaru, gosip viral terkini, info artis viral Indonesia dan berita viral terupdate dengan baca Satu Viral. Jangan sampai kamu jadi kudet ya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -