Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralAir Laut Surut di Babel Mirip Pertanda Tsunami, Begini Penjelasan BPBD

Viral: Air Laut Surut di Babel Mirip Pertanda Tsunami, Begini Penjelasan BPBD

BPBD Sebut Tidak Berpotensi Tsunami

Berita Viral; Fenomena alam aneh terjadi di Bangka Belitung. Sebuah video memperlihatkan air laut di Pantai Sampur, Kabupaten Bangka Tengah Babel mendadak surut. Dalam video berdurasi 16 detik itu terlihat jelas pasir pantai putih terhampar di daerah bekas air laut. Video inipun langsung viral usai diunggah akun @andreli_48.

Terlihat sejumlah warga berkumpul dan berjalan ke wilayah laut yang surut itu. Belum diketahui kapan video ini terjadi, namun video tersebut diunggah pada Selasa (12/10/2022).

Warganet yang melihat kejadian ini khawatir kejadian ini merupakan tanda-tanda terjadinya tsunami. Sebab salah satu tanda tsunami adalah surutnya air laut dan terlihatnya daratan sepanjang beberapa meter.

Gagal Ginjal Akut Misterius Serang 131 Anak-anak

Satuviral

Fenomena Rutin Saat Bulan Purnama

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung menegaskan tidak ada peringatan tsunami di wilayah tersebut. Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan pasang surut tersebut adalah hal musiman yang sudah sering terjadi di wilayah ini.

Iapun mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab air akan kembali ketika gaya tarik tersebut melemah atau saat akan pasang. Ia melanjutkan pasang surut air laut itu terjadi sebab saat ini tengah mengalami bulan purnama.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Putri Mahkota Belanda Jadi Sasaran Penculikan Kelompok Penjahat

Satuviral
- Advertisement -

“Sudah dicek ke lokasi. Posisi air laut saat ini surut seperti di video TikTok itu hal yang biasa ketika mau masuk musim barat. Masyarakat di sana sudah biasa,” kata Mikron dalam keterangan pers seperti ditulis Satu Viral, Jumat (14/10).

Selain itu laut di Bangka Belitung tidak termasuk dalam lempeng aktif gempa yang dapat mengakibatkan tsunami.

“Bangka Belitung masuk tipe pasut diurnal (tunggal). Berarti dalam satu hari terjadi satu kali pasang dan satu kali surut. Bangka Belitung tidak masuk dalam patahan-patahan dunia, yang dapat mengakibatkan tsunami. Malah harus lebih fokus ke patahan di daerah Sumbar,” ucapnya.

Dia menjelaskan, fenomena air laut surut tersebut bukan sesuatu yang membuat masyarakat setempat takut apalagi panik.

Namun netizen yang melihat kejadian ini ramai-ramai mengingatkan warga disana untuk tidak mendekat. Sebab warganet khawatir akan terjadi tsunami.

“Gimana sih knp pada ngumpul di tengah laut. Salah satu tanda tsunami itu terjadinya penyurutan air laut,” kata aquillawindyyy.

“Astagfirullah. Biasanya itu mau datang tsunami kalau air laut surut begitu. Semoga semuanya dalam lindungan Allah swt. Amin,” tutur @askhana_sakhi1819.

“Disini emg gitu. Kalau air laut surut bisa sampai 2 km ke arah laut kering. Karena pantai di sini rata2 landai. Malah bisa jd lapangan bola besar sma arena yg main motor,” kaat riohery76.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -