Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralAir Sungai Cimeta Mendadak Merah, Ini Penyebab

Air Sungai Cimeta Mendadak Merah, Ini Penyebab

Berita Viral: Warga Jawa Barat mendadak heboh. Air Sungai Cimeta yang merupakan anak dari sungai Citarum berubah warna menjadi merah. Warga yang melihat perubahan ini segera merekam dan mengunggahnya ke media sosial.

Cuplikan video merahnya warna air sungai viral di media sosial, Senin (30/5/2022). Salah satunya diunggah oleh akun Twitter Info Jawa Barat, @infojawabarat.

“Menurut keterangan warga sekitar diduga sungai berubah menjadi merah akibat bercampurnya air sungai dengan limbah,” cuit Info Jawa Barat.

Dalam unggahan yang sama, terdapat beberapa video yang menunjukkan kondisi sungai yang dialiri air berwarna merah menyala. Hingga Selasa (31/5/2022) siang, unggahan itu telah disaksikan lebih dari 197.000 kali.

McD Di Rusia Ganti Nama, Ada Apakah? 

Satuviral

Kejadian memerahnya Sungai Cimeta itu dibenarkan oleh salah seorang warga, Ani Mulyani (42). Ani yang merupakan warga di Kampung Cikurutug RT 03 RW 07 Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Ia mengatakan warna air sungai berubah sejak Senin (30/5/2022) pagi.

“Saya langsung laporkan fenomena ini ke RT sama RW, takutnya gimana-gimana. Belum tahu dari mananya,” tutur Ani pada Satu Viral.

Komandan Sub Sektor 9 Satgas Citarum Harum, Kholid Abdurrahman menduga fenomena perubahan warna air sungai menjadi merah itu diduga akibat warga yang membuang karung berisi pewarna ke sungai di Kampung Cikamuning, RT 20 RW 01 Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang.

“Kalau dilihat secara logika dan dipegang pakai tangan terus nempel di tangan dan susah hilang, itu biasanya bahan pewarna kain. Kalau pewarna makanan biasanya tidak lama langsung larut,” ungkap Kholid.

Dugaan tersebut juga didasari adanya temuan anggota Satgas Citarum Harum Sektor 9 berupa serbuk tinta berwarna. Serbuk tinta pewarna itu ditemukan di titik awal pencemaran aliran Sungai Cimeta, di Jalan Raya Padalarang-Purwakarta, RT 02 RW 01 Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang.

Warna Merah Diduga dari Serbuk Tinta yang dibuang ke Sungai

Satgas Citarum Harum segera mengambil sampel air sungai dan serbuk tinta yang tercecer. Seluruh barang dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pengecekan.

Berdasarkan hasil pengecekan sementara diketahui pH air yang berwarna merah itu masih di ambang batas normal, yakni pH di angka 6.

Namun, terkait kepekatan warna sungai, pemerintah setempat harus menunggu hasil pengecekan COD dan BOD.

Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan ĎLH Jabar Arif Budhiyanto mengatakan pihaknya langsung olah TKP usai video sungai memerah viral. Dua warga setempat telah dimintai keterangan. Ia menduga sumber pencemaran berasal dari zat pewarna. Zat ini dibungkus oleh kantong plastik dengan kapasitas kurang lebih 30 kg.

Panic At The Disco Kembali dengan Single Terbaru  

Satuviral

Setelah ditelusuri pada pulbaket tersebut diketahui seorang warga setempat yang melakukan pembuangan langsung ke sungai atas perintah seorang warga lainnya.

“Kami mengumpulkan keterangan dari dua orang warga setempat tersebut. Pelaku pembuang mengakui membuang sumber pencemar dari bahu jalan ke sungai atas perintah seorang warga lainnya,” ujarnya pada satu viral.

Ia juga menduga limbah yang dibuang ke Sungai Cimeta itu merupakan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Pihaknya telah membawa dan mengirim ke Laboratorium Lingkungan Hidup di Serpong.

Arif menuturkan, hasil pemeriksaan lanjutan akan menjadi dasar penetapan tersangka setelah melalui proses gelar Perkara sesuai mekanisme Hukum Acara Pidana. Jika benar terbukti, pelaku pencemaran terancam hukuman kurungan penjara.

Hingga kini Arif menegaskan belum ada dampak negatif kepada masyarakat sekitar.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Kumpulan Berita Viral SatuViral

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement