Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeTrending ViralAkhir Juli Ada Hujan Meteor, Begini Cara Asyik Menontonnya

Akhir Juli Ada Hujan Meteor, Begini Cara Asyik Menontonnya

Dua Fenomena Hujan Meteor di 29-31 Juli

Info Terkini; Hujan meteor akan menghiasi langit malam pada 29-31 Juli 2022. Ada dua meteor yang akan melintas di Bumi. Keduanya bisa disaksikan dengan mata telanjang.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan dua meteor yang bakal melintas di Bumi adalah hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids.

Thomas Djamaluddin selaku Peneliti Utama BRIN menjelaskan hujan meteor merupakan fenomena astronomi tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit. 

“Meteor adalah batuan atau debu antar-planet yang melayang di luar angkasa. Ketika memasuki atmosfer ia terbakar karena bergesekan dengan atmosfer. Gesekan ini terlihat seperti hujan yang mengeluarkan cahaya,” jelas Thomas melalui keterangan pers seperti ditulis Satu Viral, Jumat (22/07).

Remaja SCBD Dilarang Catwalk di Zebra Cross Citayam Fashion Show

Satuviral

Hujan meteor ini sekilas menyerupai bintang jatuh atau bintang berpindah. Thomas menegaskan hujan meteor tidak berbahaya bagi makhluk di Bumi. Hal tersebut lantaran debu-debu sisa komet akan habis terbakar pada ketinggian di atas 80 kilometer (km). 

Waktu Pengamatan Terbaik Saat Subuh

Sebaliknya, fenomena dua hujan meteor ini justru menjadi daya tarik bagi pengamat langit di Indonesia. Hujan meteor Delta Aquarids dapat disaksikan pada 29-30 Juli 2022 mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Sementara waktu puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan. 

“Kalau meteor Alpha Capricornids, dapat diamati pada 30-31 Juli 2022. Mulai terlihat pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Waktu pengamatan terbaik dini hari atau sebelum subuh,” katanya.

Ia memastikan fenomena menakjubkan ini dapat dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Asalkan kondisi cuaca cerah. Namun jika cuaca mendung, komet ini sulit terlihat.

Terdampak Perang Rusia-Ukraina, Harga Mie Instan Naik, Segini Harganya

Satuviral

Penampakan hujan meteor berakhir 30 menit sebelum Matahari terbit atau sekitar pukul 05.30 WIB di arah barat daya. Thomas melanjutkan cara mengamati hujan meteor terbaik adalah mencari lokasi yang minim cahaya lampu.

Kalian tertarik untuk melihat hujan meteor ini sobat Viral? Carilah tempat yang asyik dan enak untuk tiduran sambil memandang langit. Lebih enak lagi melihatnya dari atap genteng atau tempat yang tinggi sambil membawa teleskop mini.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
286FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement