Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralAnak Muda Indonesia yang Jomblo Makin Meningkat Tiap Tahun

Viral: Anak Muda Indonesia yang Jomblo Makin Meningkat Tiap Tahun

Jomblo di Indonesia Makin Meningkat Tiap Tahun

Info Viral: Anak muda Indonesia cenderung menunda pernikahan. Hal ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa proporsi pemuda yang belum menikah atau lajang semakin meningkat setiap tahunnya.

Di sisi lain, proporsi anak muda yang memutuskan untuk segera menikah semakin menurun. Pada tahun 2021, proporsi pemuda yang belum menikah menjadi 61,09%, meningkat 1,27 poin persentase dari 59,82% pada tahun sebelumnya.

Dalam 10 tahun terakhir, jumlah remaja yang belum menikah meningkat hampir 10 poin persentase. Proporsi pemuda yang belum menikah telah meningkat sebesar 9,11 poin persentase dari 51,98 persen pada tahun 2011, kata BPS.

Jomblo di Indonesia Makin Meningkat Tiap Tahun - Satuviral – SATUVIRAL

Sementara itu, hanya 37,69% remaja yang menikah pada tahun 2021. Angka ini turun sebesar 1,16 poin persentase dari 38,85% di tahun sebelumnya. Pada saat yang sama, dibandingkan dengan tahun 2011, turun sebesar 8,81 poin persentase dari 46,5%.

Jasa Sleep Call Bertaburan, Jomblo Anti Kesepian

Satuviral

Ini Alasan Mereka

BPS menjelaskan, kondisi ini terkait dengan peningkatan kualitas hidup, terutama pendidikan dan status ekonomi. Kedua hal ini berkorelasi negatif dengan penentuan waktu menikah, khususnya bagi perempuan.

Alasan selanjutnya adalah karena adanya kebijakan peningkatan batas usia minimal menikah melalui UU No. 16 Tahun 2019 yang menjadi penyebab menurunnya pola pernikahan usia muda.

Jomblo di Indonesia Makin Meningkat Tiap Tahun - Satuviral – SATUVIRAL

Kemilau, pegawai swasta berusia 30 tahun, adalah bagian dari gelombang yang tidak mengikuti pola itu. Jangankan menikah, dia bahkan tidak punya pacar. Berfokus pada karir membuatnya tidak memiliki ruang untuk memenuhi tuntutan pasangannya.

“Saya masih punya banyak mimpi dan cita-cita untuk dikejar sendiri. Saya masih belum bisa berbagi energi untuk keluarga. Saya ingin berlari kencang, jadi butuh semangat dan fokus di sini untuk benar-benar membuat perbedaan,” kata Kemilau.

Penyedia Sewa Pacar Menjamur, Segini Tarif dan Aturannya

Satuviral

“Ada banyak momen di mana saya harus fleksibel [dalam hal waktu]. Misalnya, terkadang saya akan membatalkan pertemuan pribadi untuk bertemu orang yang perlu saya temui. Kayaknya, bakal bubar deh kalau gue ada pasangan, hahaha” katanya.

Alasan yang sama disampaikan oleh Efan, pria 29 tahun yang juga seorang karyawan. Ia berpikir untuk melajang selamanya. Dia merasa bahwa pusat hidup sepenuhnya dikhususkan untuk pekerjaan.

“Saya rasa saya tidak layak berkomitmen karena saya tidak pandai mengurus diri sendiri. Banyak pikiran saya juga dihabiskan untuk mempersiapkan  masa depan non-pernikahan kayak karier,” kata Efan. 

Pilihan ini tampaknya membuahkan hasil. Melalui media sosial, Efan meraih penghargaan karyawan terbaik di perusahaannya tahun lalu.

Namun rencana tidak menikah seumur hidup akhirnya ditolak karena takut kesepian. “Takut sendirian. Mungkin ada konstruksi sosial juga, karena yang kamu lihat setiap hari di dunia nyata dan di TV adalah gambaran keluarga yang menua bersama,” kata Efan.

Yuk, ikutin terus Satuviral. Kapan lagi kamu bisa dapetin info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral