Wednesday, February 28, 2024
HomeTrending ViralAneh! Ikan ‘Mabuk’ Terdampar di Pantai Utara Jakarta, Begini Penjelasan BMKG

Viral: Aneh! Ikan ‘Mabuk’ Terdampar di Pantai Utara Jakarta, Begini Penjelasan BMKG

Ikan Mabuk Terdampar Karena Dorongan Air

Info Viral: Fenomena aneh terjadi di pantai di kawasan pantai Ancol Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Ikan-ikan di laut mendadak terangkat naik ke pantai sambil tergelepar. Mereka tampak seperti mabuk.

Fenomena ikan mabuk terdampar langsung direkam oleh warga sekitar dan tersebar di media sosial. Dalam video tampak ribuan ikan-ikan itu melompat di dermaga di pulau tersebut. Beberapa warga mendatangi lokasi dan mengambil ikan-ikan yang menepi ke daratan itu.

Viral: Pertamina Naikkan Harga BBM, Ini Harga Terbaru!

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena ikan mabuk terdampar di pesisir Jakarta Utara akibat dorongan angin laut. Ia juga menegaskan peristiwa ini bukan tanda akan terjadinya gempa.

“Banyak faktor diantaranya faktor kesuburan perairan, dorongan angin dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan akan terjadinya gempa ya,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo kepada Satu Viral, Sabtu (03/12/2022)

Eko menyatakan bahwa secara tak kasat mata, angin laut telah mendorong ikan-ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai. BMKG mengimbau masyarakat tidak perlu panik.

- Advertisement -

Pemerintah Sebut Ikan Mabuk Terdampar Kurang Oksigen

Devi Lidya, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan (KPKP) Kepulauan Seribu membenarkan adanya kejadian itu. Ia menegaskan fenomena ikan mabuk terdampar tersebut tidak ada hubungannya dengan bencana. Juga bukan pertanda akan adanya gelombang panas atau pasang surut.

Viral: Gawat! Virus Zombie Hidup Kembali, Apa Efeknya Buat Manusia?

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

“Bukan (tanda bencana). Tidak seperti kasus Aceh yang ditengah samudra. Ini cuma fenomena alam saja,” katanya pada Satu Viral di Jakarta, Kamis (12/1/2022).

Devi justru menduga, fenomena ikan mabuk terdampar ke permukaan akibat bertambahnya spesies plankton dan adanya penurunan kadar oksigen. Situasi ini dapat menyebabkan ikan mabuk, sehingga ramai-ramai naik ke daratan.

Devi melanjutkan hal ini juga bisa disebabkan kualitas air yang buruk. Namun, Devi menyebut pihaknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab fenomena ikan mabuk terdampar.

“Ya karena di bawah banyak plankton yang muncul ke permukaan. Yang kita lakukan adalah cek sampel ikan. Apakah plankton ini dimakan ikan. Kalau iya,kenapa ikan ‘mabuk’. Nah itu yang kita uji lebih lanjut,” ujarnya.

Saat ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan (KPKP) Kepulauan Seribu telah mengambil beberapa sampel dari Pantai Mutiara, Pantai Pulau G, Pantai Pulau N dan Pantai Pulau Onrus.

Ia melanjutkan fenomena ini pernah terjadi di Pantai Mutiara Ancol. Usai diteliti Kualitas air diketahui berada di atas ambang baku mutu. Hal ini karena air dari laut itu berasal dari tiga muara.

“Karena airnya masuk dari tiga muara, aliran airnya berubah drastis. Banyak endapan. Oksigen dalam air jadi kurang. Disitulah ikan bisa mabuk. Tapi hasilnya ikan perlu pengujian lebih lanjut untuk bisa keluar,” ujarnya.

Dapatkan semua info viral terkini, gosip viral selebriti terhot, info artis viral terupdate dan berita viral terbaru cuma di Satu Viral. Jangan sampai kamu kudet sob.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -