Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralAntropolog: Manusia Purba Masih Hidup di Indonesia

Viral: Antropolog: Manusia Purba Masih Hidup di Indonesia

Manusia Purba Masih Hidup di Indonesia

Info Viral: Sejumlah fakta menyebutkan Hobbit di film Lord of The Rings yang digambarkan bertubuh jauh lebih pendek ketimbang manusia pada umumnya.

Namun, manusia mungil ini sebenarnya mirip dengan Homo floresiensis, manusia purba yang ditemukan di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bahkan, masyarakat Flores sendiri dijuluki “The Hobbit”.

Banyak pihak juga yang berpendapat bahwa manusia purba masih hidup sampai sekarang. Ada juga yang klaim pernah melihat penampakan manusia berbulu kecil atau humanoids di pulau Flores.

Manusia Purba Masih Hidup di Indonesia - Satuviral – SATUVIRAL

Prediksi The Simpsons 2023: Manusia ke Mars dan Virus Zombie

Satuviral

Manusia Purba Homo floresiensis Masih Hidup

Menurut seorang antropolog Kanada, bukti kelangsungan hidup hobbit mungkin telah diabaikan. Dia bilang bahwa spesies manusia purba ini mungkin masih ada sampai sekarang.

Dalam sebuah opininya untuk The Scientist, Gregory Forth mengatakan ahli paleontologi dan ilmuwan lainnya telah mengabaikan pengetahuan dan cerita asli manusia kera yang tinggal di hutan Flores. Hal ini diungkapkan Forth saat mempromosikan bukunya, Between Apes and Man.

Diuraikan dalam IFL Science, buku ini berupaya mencari penjelasan yang paling masuk akal, dilengkapi dengan penjelasan rasional tentang keberadaan Homo floresiensis, jelas pensiunan dosen antropologi asal University of Alberta itu.

“Ini termasuk laporan penglihatan lebih dari 30 saksi mata, yang saya bicara langsung dengan mereka semua. Dan saya menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk menjelaskan apa yang mereka sampaikan adalah bahwa Hominin non-sapiens telah bertahan di Flores hingga saat ini, atau baru-baru ini,” ungkapnya.

Forth menulis bahwa orang Lio yang tinggal di pulau itu memiliki cerita tentang manusia yang berubah menjadi hewan saat mereka berpindah dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Lio adalah sebuah etnis tertua dan terbesar di Flores. Mereka menjaga tradisi dan budaya nenek moyang mereka dengan sangat sakral.

Semirip Apa Sih Manusia dengan Kera? - Satuviral – SATUVIRAL

Semirip Apa Sih Manusia dengan Kera?

Satuviral

“Seperti yang diungkapkan oleh penelitian saya di lapangan, perubahan yang diusulkan ini mencerminkan pengamatan lokal tentang kesamaan dan perbedaan antara spesies leluhur dan berbagai keturunannya,” kata Forth.

Lio mengidentifikasi makhluk yang mereka lihat sebagai binatang, tidak memiliki bahasa atau teknologi canggih yang dimiliki manusia. Namun, mereka memiliki kesamaan dengan manusia.

“Apa yang mereka katakan tentang makhluk ini, ditambah bukti lain, sepenuhnya konsisten dengan hominin yang hidup atau punah dalam 100 tahun terakhir,” katanya.

Meski ada pihak yang beranggapan bahwa Homo floresiensis masih hidup, sebagian kalangan lainnya menampik hal ini.

Pendapat Lain Sebut Homo floresiensis Sudah Tidak Ada

Argumen yang menentang gagasan bahwa orang Flores masih hidup adalah bahwa, mengingat ukuran pulau yang kecil dan kepadatan penduduknya, kecil kemungkinan populasi yang cukup besar akan luput dari perhatian.

Mengutip Natural History Museum yang mengatakan bahwa meskipun ada komunitas manusia kerdil yang hidup di pulau Flores saat ini, mereka belum dinilai berkerabat secara genetik dengan Homo floresiensis.

Homo floresiensis Spesies Manusia yang Berbeda

Tepatnya kemunculan Homo floresiensis muncul di Flores tidak jelas. Namun, data tertua mencatat usia manusia purba ir=tu setidaknya 100.000 tahun. Beberapa perkakas batu yang dikaitkan dengan Homo floresiensis juga dikatakan berumur 190.000 tahun.

Homo floresiensis dikenal sebagai spesies manusia yang berbeda. Menariknya, manusia prasejarah lain dengan tubuh lebih kecil telah ditemukan di Filipina. Mereka disebut Homo luzonensis.

Orang Luzon berusia sekitar 50.000-67.000 tahun, kira-kira seusia dengan orang Flores. Namun karakteristik keduanya berbeda, sehingga dapat diidentifikasi sebagai dua spesies manusia purba yang terpisah.

Yuk, terus update bareng Satuviral. Dapatkan info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan infoviral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral