Monday, February 26, 2024
HomeTrending ViralApa Benar Gempa Turki Buatan Manusia?

Viral: Apa Benar Gempa Turki Buatan Manusia?

Gempa Turki Katanya Buatan Manusia

Info Viral: Gempa dengan magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki pada Senin (6/2) dituding ulah manusia. Benarkah hal tersebut?

Tuduhan tentang gempa buatan itu datang, antara lain, dari Walikota Ankara, Ibrahim Melih Gokcek. Gokcek mengutip Arab News melalui akun Twitter-nya yang mengatakan bahwa ini bukan pertama kalinya Turki menjadi sasaran gempa “buatan manusia”.

“Saat ini, saya sedang berpikir, ini bisa jadi gempa buatan manusia. Saya tidak mengatakan itu pasti, tapi ada kemungkinan kuat,” tulis Gokcek di akun Twitternya.

Info Viral ini menyatakan gempa bermagnitudo 7,8 melanda Turki pada Senin (7/2), menyebabkan kerusakan parah dan ribuan korban jiwa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan jumlah korban tewas di Turki telah meningkat menjadi setidaknya 9.057, dengan 52.979 lainnya terluka.

- Advertisement -

Sementara itu, White Helmets mengatakan total korban tewas di Suriah naik menjadi 2.992.

Gempa Turki Katanya Buatan Manusia - Satuviral – SATUVIRAL

Jumlah Korban Tewas Gempa di Turki Capai 7 Ribu Jiwa

Satuviral

Jika dirinci, 1.730 korban jiwa berada di daerah yang dikuasai pemberontak di barat laut. Kemudian, 1.262 korban jiwa lainnya berada di bagian yang dikuasai pemerintah Suriah.

Amerika Dituding Penyebab Gempa

Banyak pihak menuding Amerika Serikat, pemilik teknologi HAARP, berada di balik gempa tersebut. Di antaranya, tudingan datang dari teori konspirasi.

Belakangan, ternyata Gokcek juga mempercayai teori tersebut. Gokcek masih membagikan video YouTube penjelasan HAARP melalui akun Twitternya.

“Saya bilang, harus ada investigasi soal ini. Apakah ada kapal riset seismik yang melintas di dekat episenter? Jika iya, kapal itu milik negara mana?” kata Gokcek.

Di Indonesia, tudingan serupa datang dari beberapa warganet, @DokterTifa salah satunya. Dia mengutip pernyataan ilmuwan Turki Haluk Ozdil bahwa HAARP penyebab gempa Turki.

“Ilmuwan Turki Haluk Özdil’ menyatakan pada tgl 7 Feb 2023, bahwa Gempa yg baru saja terjadi di Turki adl GempaGeoengineering HAARP US. Kan Dokter Tifa sudah bilang? Apakah Buzzer dan Sotoyer aka Netizen Sotoy tetap mau bilang Dokter Tifa ODGJ?”

Gempa Turki Katanya Buatan Manusia - Satuviral – SATUVIRAL

Video Dahsyatnya Gempa di Turki

Satuviral

Gempa Bumi Bisa Dibuat Manusia

Mengutip situs resmi Stanford, beberapa gempa bumi memang bisa dibuat oleh manusia. Salah satu kota di Amerika Serikat yang banyak mengalami gempa buatan manusia adalah Oklahoma.

Hal tersebut terjadi karena injeksi air pembuangan dari tambang minyak dan gas. Air tersebut diinjeksi ke kedalaman 7000 kaki di bawah tanah di utara tengah Oklahoma dan selatan Kansas.

Penyuntikan air ke dalam lapisan ini mempengaruhi sesar di sekitarnya. Akibatnya, patahan yang terpengaruh dapat memicu gempa karena tekanan yang diciptakan oleh air limbah yang diinjeksikan.

“Menyuntikkan cairan ke dalam formasi Arbuckle meningkatkan tekanan, yang menyebar ke area yang luas. Tekanan ini bermasalah karena mempengaruhi patahan besar di dekatnya yang sudah mengalami tekanan akibat proses tektonik,” tulis para pakar yang penelitiannya sudah dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

“Gempa yang diinduksi di Oklahoma meningkat drastis sekitar 2009 dan puncaknya terjadi pada 2015, dengan hampir 1000 gempa yang dirasakan dan menyebar di sebelah utara dan selatan negara bagian tersebut,” tulis mereka lagi.

Hal yang sama dinyatakan geofisikawan dari Free University of Berlin, Marco Bohnhoff yang telah mempelajari kegempaan alami dan menyuntikkan selama lebih dari 20 tahun. Menurutnya, ada beberapa aktivitas manusia yang dapat memicu terjadinya gempa.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -