Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralApa Bisa Manusia Hidup di Air Seperti Anti-Hero Namor?

Viral: Apa Bisa Manusia Hidup di Air Seperti Anti-Hero Namor?

Bisakah Manusia Hidup di Air?

Info Viral: Manusia biasanya hidup di darat dan menghirup oksigen bebas di udara. Namun, bisakah kita hidup dan bernapas di bawah air seperti Namor di film “Black Panther: Wakanda Forever”?

Namor adalah pemimpin kerajaan Talokan. Dia anti-hero di Marvel Cinematic Universe yang kekuatannya luar biasa bahkan dibandingkan Black Panther milik T’Challa.

Sebagai setengah manusia Atlantis, dia bisa bernafas di laut melalui insang di belakang telinganya, beradaptasi langsung ke darat tanpa mengurangi kekuatan supernya, sehingga dia bisa terbang dengan bantuan sayap kecil di kakinya.

Black Panther: Wakanda Forever, Nasib Wakanda Usai ditinggal Mati Sang Raja

Satuviral

Masalahnya, ‘fase’ orang biasa tidak seperti ini. Saat memasuki air, tubuh manusia mulai secara refleks menyesuaikan diri dalam hitungan detik.

Bisakah Manusia Hidup di Air? - Satuviral – SATUVIRAL

Perlahan, manusia merespons dengan memperlambat detak jantung, menyempitkan pembuluh darah, mengalihkan darah ke organ vital, dan limpa perlahan berkontraksi, melepaskan cadangan sel darah merah beroksigen ke dalam aliran darah.

Respons ini adalah cara tubuh memperpanjang waktu manusia dapat bergerak tanpa terengah-engah. Sebuah studi baru menujukkan, manusia hanya dapat bertahan hidup di bawah air untuk waktu yang sangat terbatas, sebuah studi baru menunjukkan.

Ada Contoh Perubahan Genetik

Bahkan, ada contoh perubahan genetik pada beberapa orang yang tinggal di Asia Tenggara, seperti suku Bajo. Bentuknya, mereka memiliki limpa dengan ukuran berbeda yang meningkatkan kemampuan menahan napas.

Studi baru berfokus pada apa yang sering disebut penduduk setempat sebagai “pengembara laut”, yang tinggal di antara pulau-pulau dan garis pantai Asia Tenggara.

“Biasanya, mereka tinggal di rumah perahu dan hanya sesekali datang ke darat,” kata Melissa Irador, seorang peneliti postdoctoral di University of Utah dikutip oleh Scientific American.

Letitia Wright Ungkap Kecelakaan Hebat di Syuting Black Panther 2

Satuviral
Bisakah Manusia Hidup di Air? - Satuviral – SATUVIRAL

Uji hidup di bawah air

Untuk memahami bagaimana tubuh dan pikiran bereaksi ketika tinggal di bawah air, John Clarke, Direktur Ilmiah untuk Unit Penyelaman Eksperimental Angkatan Laut AS, menyelidiki efek penyelaman sedalam 457,2 meter.

Ada banyak teori tentang efek hidup di bawah air pada manusia, tetapi banyak di antaranya kontroversial atau bahkan tidak terbukti oleh orang yang telah mempelajari dan mengalaminya.

Menurutnya, penyakit terbesar yang terjadi pada ekspedisi bawah air adalah apa yang disebut oleh beberapa aquanaut sebagai “creeping crud”.

Hal ini menyebabkan jerawat dan ruam saat dia buang air kecil dengan pakaian selamnya. Efek ini terjadi karena manusia menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam air yang membuat kulit jenuh.

Bisa Sebabkan Penyakit Kulit

Cara terbaik untuk merawat kondisi kulit ini adalah dengan mandi setiap selesai menyelam dan menggunakan sabun antibakteri, serta handuk segar yang sering dikirim ke pangkalan dalam panci masak bertekanan, ditutup dengan tutup yang dibalutkan.

Infeksi telinga juga umum terjadi, namun dapat diobati dengan cepat dengan larutan antiseptik yang terbuat dari aluminium asetat sebelum infeksi menjadi lebih parah.

Selain itu, efek samping lain dari hidup di bawah air  yaitu pucat dan penurunan produksi vitamin D karena kurangnya paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, kemungkinan manusia bisa hidup di bawah air dalam jangka waktu yang lama agak mustahil. Terlebih ada sederet efek samping yang dihasilkan usai berlama-lama melakukan penyelaman, menurut laporan Pop Sci.

Ikutin terus berita terbaru dan viral, cuma di Satuviral, kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral