Thursday, February 29, 2024
HomeHealthApakah Kamu Depresi? Yuk Tes Kesehatan Mentalmu

Viral: Apakah Kamu Depresi? Yuk Tes Kesehatan Mentalmu

Ciri-ciri Orang Sehat Mental

Info Viral; Hai Sobat Viral, Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap 10 Oktober. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengatakan hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental di seluruh dunia. Pernahkah kamu mengecek kesehatan mentalmu? Yuk kita coba mengecek kesehatan mental lewat artikel ini.

Melansir situs Kementerian Kesehatan kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang. Situasi itu memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup. Sehingga ia akan tahan uji dan banting menghadapi permasalahan. Selain itu orang itu dapat menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Kampanye Kesehatan Mental, Marshanda Luncurkan Batik Bipolar Disorder

Satuviral

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi. Orang ini akan sulit mengontrol rasa marah, sedih, kecewa yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk. Seseorang akan mudah menyerah, mudah sedih, marah dan bahkan rendah diri.

Kesehatan mental yang terganggu dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain. Selain itu dapat juga menurunkan prestasi di sekolah atau produktivitas kerja. Bahkan yang terburuk dapat melukai orang lain atau diri sendiri.

- Advertisement -

Sebelum kamu pergi ke psikolog untuk memeriksakan kesehatan mentalmu, coba cek dulu beberapa gejala yang umum dialami seseorang mengidap gangguan kesehatan mental. Gejala ini dilansir dari situs SehatQ.

Merasa Tidak Berdaya atau Putus Asa

Individu yang terganggu kesehatan mentalnya merasa lemah dan tidak mampu menghadapi kenyataan. Hal ini karena jiwanya lemah dan hanya memiliki sedikit kekuatan untuk berjuang. Terkadang ia bisa mati rasa alias tidak merasakan emosi marah, sedih, kecewa, kesal ketika menghadapi sesuatu. Mati rasa bisa terjadi sebagai respon jiwa untuk mencegah luka yang lebih dalam terjadi. Ia akan mencoba menarik diri dari lingkaran sosialnya ataupun dari aktivitas sehari-hari.

Berpikir untuk Menyakiti Diri Sendiri atau Orang Lain

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Mahasiswa UGM Bunuh Diri Terjun dari Lantai 11 Hotel

Satuviral

Senggol bacok, adalah kata yang tepat menggambarkan seseorang yang terganggu mentalnya. Apapun yang diucapkan orang terdekat dapat membuat dirinya marah. Sehingga ia mudah berteriak atau bertengkar dengan keluarga dan teman Hal ini bisa disebabkan luka hati yang sudah tidak dapat dibendung sehingga meluap bagaikan banjir bandang.

Ketika sedang berkelahi, ia tidak lagi bisa berfikir rasional. Karena rasa sakit itu seperti tersalurkan keluar saat individu berkelahi atau menyakiti orang lain. Perubahan mood seseorang yang mengalami gangguan mental tidak terkendali. Kadang tiba-tiba bisa marah, kadang bisa sangat sedih atau menangis, bisa tiba-tiba gembira tanpa alasan. Tentunya hal ini bisa menyebabkan suasana hati yang rusak parah dan menimbulkan masalah dalam hubungan.

Mudah Cemas, Gelisah dan Berhalusinasi

Tanda lainnya gangguan mentalmu adalah gelisah atau cemas berlebihan. Serta memiliki rasa kebingungan yang cukup parah. Terkadang kamu kehilangan konsentrasi dan fokus dalam melakukan kegiatan dan mudah lupa. Gangguan kesehatan mental dalam kondisi parah dapat menimbulkan halusinasi, delusi, sulit makan dan tidur.

Nyeri di Tubuh

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Kamu juga bisa merasakan nyeri di hati atau bagian tertentu. Dapat juga menimbulkan psikosomatik atau sakit fisik yang beberapa bagian tertentu yang timbul tenggelam karena jiwa terganggu. Seseorang yang tidak dapat mengontrol emosi dan “sakit” yang dirasakannya dapat dengan mudah tenggelam dalam minum-minuman, party dan narkoba. Bahkan tindakan terparah seseorang yang memiliki gangguan mental adalah bunuh diri.

Jika kamu merasakan 10-30 persen ciri-ciri di atas, sebaiknya lakukan langkah-langka ini. Pertama carilah tempat untuk curhat. Bisa dengan curhat ke teman, atau ke aplikasi yang menyediakan layanan curhat terpercaya. Cara lainnya adalah mengambil waktu sejenak jalan-jalan ke alam dan menuliskan keluh kesahmu di buku. Bangun pagi hari dan kurang begadang serta perbanyak berolahraga.

Namun jika kamu merasakan 50 persen lebih ciri-ciri diatas, segera cari bantuan psikolog untuk meredakan gangguan mentalmu Sob. Jangan cari dukun atau anggur merah ya buat meredakan hati yang mulai “gila”.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -