Advertisement
Sunday, April 2, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralAsyik! Beli Mobil Listrik dapat Subsidi 80 Juta, Begini Syaratnya

Viral: Asyik! Beli Mobil Listrik dapat Subsidi 80 Juta, Begini Syaratnya

Info Viral: Pemerintah tengah mempersiapkan subsidi untuk mobil dan motor listrik di Tanah Air. Besaran subsidi itu Rp 80 juta untuk mobil listrik dan Rp 40 juta untuk mobil listrik Hybrid. Namun Pemerintah menerapkan sejumlah syarat untuk bisa mendapatkan subsidi tersebut.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan, syarat subsidi itu diberikan terhadap kendaraan yang memiliki pabrik di Indonesia. Sementara untuk kendaraan listrik yang berstatus CBU (pabrik di luar negeri) belum dijelaskan lebih lanjut.

Viral: Mobil Listrik Wuling Mengaspal Tahun ini, Simak Spesifikasinya

satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Mobil listrik

“Insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia,” kata Agus dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden seperti ditulis Satu Viral, Kamis (15/12).

Merek Mobil Listrik yang Dapat Subsidi

Secara implisit jika mengacu persyaratan itu, hanya sejumlah merek mobil listrik yang bisa mendapatkan subsidi. Merk mobil listrik yang diproduksi di Indonesia antara lain Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5.

Kemudian mobil listrik hybrid adalah Kijang Innova Zenix Hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid dan Wuling Almaz Hybrid. Selain mobil, pemerintah juga memberikan subsidi sebesar 8 juta rupiah untuk sepeda motor listrik. Saat ini jenis sepeda motor listrik yang ada pabriknya antara lain Alva One, Gesits, Viar, Charged dan Volta.

Viral: PNS Bakal Punya Mobil Dinas Bertenaga Listrik, Segini Harganya

satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Mobil listrik

“Konversi sepeda motor ke sepeda motor listrik juga akan dihargai sekitar Rp5 juta,” tambah Agus.

Pemberian insentif ini bukan tanpa alasan. Subsidi ini diharapkan membuat peralihan ke kendaraan listrik semakin cepat. Di sisi lain, pihaknya juga berharap dapat mendorong produsen memproduksi kendaraan dan sepeda motor listrik di dalam negeri.

Dengan demikian, semakin banyak mobil dan sepeda motor listrik yang diproduksi dan dirakit di Indonesia.

“Insentif seperti ini tentunya kebijakannya berbeda-beda di setiap negara, namun intinya Indonesia ingin mendorong penggunaan mobil atau sepeda motor listrik lebih cepat,” pungkas Agus.

Merek Mobil Listrik Laris Manis di Indonesia

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan mobil listrik Hybrid lebih laku ketimbang mobil listrik non Hybrid. Jumlah penjualan mobil listrik Hybrid sepanjang Januari-September 2022 di pasar domestik mencapai 1.820 unit.

Merek Mobil listrik hybrid paling laris adalah Toyota Corolla Cross 1.8 A/T Hybrid. Total penjualannya mencapai 815 unit. Di posisi kedua ada Nissan Kicks E-Power dengan penjualan wholesale 433 unit. Selanjutnya Toyota All New Camry 2.5 Hybrid sebanyak 692 unit.

Sayangnya kedua mobil listrik hybrid tersebut tidak diproduksi di Indonesia. Sehingga kemungkinan tidak akan mendapatkan subsidi.

Dapatkan info automotif terkini di Satu Viral. Kamu jug abisa baca berita terkini, berita viral, gosip viral selebriti, dan info artis viral Indonesia.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -