Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralBahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Wajib di Universitas Tertua di Belgia

Viral: Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Wajib di Universitas Tertua di Belgia

Jadi mata kuliah wajib di universitas tertua

Info Viral: Bahasa Indonesia resmi menjadi mata kuliah wajib di universitas tertua di Bulgaria yang berdiri sejak 1878, yakni Universitas Sofia.

Pencapaian ini berhasil diwujudkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia (KBRI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Menurut seorang pejabat KBRI Sofia pada Rabu (21/12/2022), selama 10 tahun bahasa Indonesia hanya menjadi mata kuliah pilihan jurusan South, East, and Southeast Studies Universitas Sofia, Bulgaria.

Viral: Rich Brian Ngobrol Pakai Bahasa Indonesia, Penonton HITC Heboh

Satuviral

Namun, kini bahasa Indonesia telah menjadi mata kuliah wajib yang harus dikuasai setiap mahasiswa di jurusan tersebut.

Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Wajib di Universitas Tertua di Belgia - Satuviral – SATUVIRAL

Mata kuliah bahasa Indonesia digemari para mahasiswa

Pada Senin (19/12/2022), Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Iwan Bogananta berkunjung ke Universitas Sofia.

Iwan bertemu dengan ketua jurusan South, East, and Southeast Studies, yakni Profesor Galina Sokolova dan Profesor Reina Beneva.

Pertemuan itu bertujuan untuk meningkatkan status Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib di Fakultas Studi Selatan, Timur, dan Tenggara Universitas Sofia.

Dalam kunjungan tersebut, Profesor Sokolova mengatakan bahwa mata kuliah bahasa Indonesia mendapat respon positif dari mahasiswa. 

Selain itu, Profesor Sokolova juga menyampaikan bahwa dalam mata kuliah bahasa Indonesia, mahasiswa tidak hanya akan belajar bahasa Indonesia, tetapi juga mempelajari sejarah, sistem ekonomi, dan memahami kondisi sosial masyarakat Indonesia.

Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Wajib di Universitas Tertua di Belgia - Satuviral – SATUVIRAL

Viral: Tradisi Unik Perayaan Natal di Negara Mayoritas Agama Non Kristen

Satuviral

Oleh karena itu, ia memutuskan menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa tahun ketiga South, East, and Southeast Studies.

Dubes Ivan juga menyampaikan bahwa KBRI akan terus berperan aktif dalam mempromosikan budaya Indonesia di Bulgaria.

Pasalnya, ia melihat keberhasilan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib di Universitas Sofia sebagai hasil positif diplomasi Indonesia di Bulgaria.

“Modul wajib mengenai Indonesia di Universitas Sofia dan tingginya minat mahasiswa Bulgaria untuk belajar bahasa Indonesia tentu merupakan capaian diplomasi Indonesia di Bulgaria,” ucap Iwan.

Dubes Iwan terkesan dengan antusiasme mahasiswa belajar bahasa Indonesia

Dalam kunjungannya ke Universitas Sofia, Dubes Ivan juga menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan kelas Bahasa Indonesia. Saat itu, di salah satu kelas, Thomas Bea menjadi gurunya.

Ia merupakan salah satu staf pengajar yang ditugaskan oleh kantor Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kemendikbud untuk mengajar bahasa Indonesia di Universitas Sofia.

Saat itu Ivan mengaku terkesan dengan antusiasme para siswa dalam belajar bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan siswa dianggap sangat fasih saat memperkenalkan diri dalam Bahasa Indonesia.

Selain itu, Iwan mengatakan perlu ada koordinasi antara pemerintah pusat dengan KBRI Sofia. 

Pasalnya, untuk mendukung keberhasilan studi Bahasa Indonesia di Universitas Sofia, diperlukan tenaga ahli, penyesuaian kurikulum dan metode pengajaran yang dikembangkan Kemendikbud dengan kebiasaan di Bulgaria.

“Dalam waktu dekat ini akan segera kami komunikasikan ke pihak terkait di Indonesia baik tingkat pemerintah maupun universitas negeri dan swasta kredibel untuk menindaklanjuti seluruh rencana dan kerja sama dengan Universitas Sofia ke depan,” ucap Iwan melansir ANTARA.

Yuk, terus update bareng Satuviral. Dapatkan info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan infoviral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral