Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeHealthBahaya Mengkonsumsi Ice Smoke Mengandung Nitrogen Cair

Viral: Bahaya Mengkonsumsi Ice Smoke Mengandung Nitrogen Cair

Rusak Kulit Hingga Organ Dalam

Info Viral; Makanan yang mengandung nitrogen cair tengah populer di masyarakat beberapa tahun belakangan. Makanan yang disajikan dengan menggunakan nitrogen cair yang paling terkenal es krim “Dragon’s Breath”.

Ini bukan sembarang es krim. Bentuknya seperti chiki dan jika dimakan, sang penyantap bisa mengeluarkan asap dari dalam mulut. Seperti semburan api dari Naga.

Dilansir oleh food.ndtv.com, nitrogen cair adalah nitrogen tidak berwarna dan tidak berbau yang ditemukan dalam keadaan cair pada suhu terendah. Karena nitrogen cair yang sangat dingin, ia bisa dengan mudah membekukan makanan secara instan.

Hal ini membuat nitrogen cair banyak digunakan untuk membuat es krim bertekstur lembut. Tekstur es krimnya jauh lebih lembut ketimbang es krim yang dibuat menggunakan mesin. Selain itu, makanan beku dikemas menggunakan nitrogen cair berfungsi untuk mempertahankan kesegaran makanannya.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Bocah Ponorogo Alami Luka Terbakar Usai Makan Ice Smoke

Satuviral

Ternyata, makanan itu dianggap berbahaya oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat (AS).

Berikut potensi bahaya yang timbul dari mengkonsumsi makanan mengandung nitrogen cair.

Kerusakan Kulit

Kerusakan kulit serta organ dalam bisa saja terjadi apabila nitrogen cair masih tersisa atau tidak berevaporasi dengan baik pada makanan atau minuman. Semua cedera itu bisa terjadi jika kita mengonsumsi makanan atau minuman dengan nitrogen cair yang belum menguap sepenuhnya.

Kesulitan Bernafas

Menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair juga disebut-sebut dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah. Hal ini semakin berbahaya jika dialami oleh penderita asma.

Prof. Peter Barham dari University of Bristol’s School of Physics, Inggris, mengatakan orang yang sedang bekerja dengan nitrogen cair berpotensi kehilangan oksigen dan berdampak pada kesulitan bernapas.

Hal Ini karena dalam 1 liter nitrogen cair akan menghasilkan kurang lebih 700 liter gas. Tak hanya itu, mereka yang mengidap asma tidak boleh menghirup nitrogen cair dalam jumlah banyak.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Natto, Cemilan yang Berbau Menyengat tapi Bagus Buat Diet. Berani Coba?

Satuviral

Rusak Organ Dalam

Nitrogen cair memiliki suhu beku yang sangat rendah dan dingin. Sehingga jika dimakan dalam takaran tidak tepat dapat merusak kulit dan organ dalam tubuh.

Profesor Peter Barham dari Fakultas Fisika Universitas Bristol mengatakan Nitrogen cair bersifat sangat dingin. Cairan ini dapat membekukan sesuatu sampai pada suhu yang sangat rendah. Jadi, bila tak berhati-hati, Anda bisa terluka saat menyentuh dan mencernanya.

Ia juga dapat menyebabkan radang dingin dalam organ tubuh. Peter Barham menyarankan agar seseorang jangan mengkonsumsi nitrogen cair saat hidangan baru saja disajikan. Cobalah tunggu sampai semua cairan menguap sebelum mengonsumsinya.

Melukai dan Membakar Tubuh

Dr. Reed Caldwell, asisten profesor di Ronald O. Perelman Department of Emergency Medicine di NYU Langone Health, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa nitrogen cair merusak kulit dan tubuh, apalagi jika tertelan.

Makanan yang mengandung nitrogen cair jika dipegang dapat menimbulkan efek dan sakit seperti terbakar api.

“Ini karena nitrogen cair biasa digunakan dermatolog untuk membakar hal-hal yang tak diinginkan pada kulit. Artinya ini bisa merusak jaringan,” kata Dr. Reed.

Selain itu nitrogen cair yang terkena mata dalam jumlah banyak juga dapat merusak dan melukai kornea mata. Tak heran para pengolah nitrogen cair selalu menggunakan masker dan penutup mata saat mengolahnya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com