Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeHealthBahaya Sering Begadang, Bikin Otak Lemot Hingga Cepat Pikun

Viral: Bahaya Sering Begadang, Bikin Otak Lemot Hingga Cepat Pikun

Begadang Bikin Sulit Fokus dan Menyimpan Informasi

Info Viral: Kamu yang suka begadang harus waspada.  Kebiasaan begadang di usia muda berpotensi membuat fungsi otak melemah dan berujung pada demensia atau pikun.

Psikiater Klinik  RSUP Cipto Mangunkusumo Gina Anindyajati menjelaskan kurang tidur atau tidur terlalu malam akan menurunkan metabolisme otak. Dalam jangka panjang hal ini akan mengganggu kognitif atau kemampuan berfikir seseorang.

Viral: 7 Cara Mudah dan Efektif Untuk Cepat Tidur

Satuviral
ilustrasi-mengantuk – SATUVIRAL
ilustrasi-mengantuk

“Di masa depan orang yang memiliki kebiasaan begadang akan berisiko mengalami gangguan kognitif, yang disebut demensia atau penyakit Alzheimer,” ujarnya seperti ditulis Satu Viral, Sabtu (21/01)

Psikiater yang juga berpraktik di Klinik Angsamerah ini menambahkan, kebiasaan tidur larut malam atau kurang tidur bisa menghambat otak memperbaiki sel-selnya. Sebab pada malam hari saat tidur, otak akan memperbaharui atau menyembuhkan sel-sel syarat yang sudah rusak atau sakit.

Pada usia pekerja kantoran, kebiasaan begadang juga dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi dan kewaspadaan di otak. Tidak heran jika setelah berjam-jam (atau bahkan berhari-hari) kurang tidur, kamu cenderung sulit berpikir dan sulit fokus. 

Hal ini tentu akan menyebabkan seseorang sulit menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Dalam dunia medis, kondisi gangguan berpikir akibat kelelahan otak ini biasa disebut dengan brain fog alias lemot. Efeknya Kamu jadi sulit mengambil keputusan.

Begadang Sebabkan Mood Swing

Kurang tidur juga dapat mengganggu suasana hati dan menyebabkan mood swing. Perubahan suasana hati yang tidak stabil ini membuat orang menjadi lebih sensitif dan terlalu peka dengan stimulus sekitar.

“Orang yang sulit tidur  merasa lebih sensitif, lebih mudah marah, dan memiliki toleransi sosial yang rendah. Alih-alih menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, justru menjadi lebih rumit dan menimbulkan stressor baru,” ujar Gina.

Viral: Kenali Tanda- Tanda Gangguan Indung Telur PCOS yang Buat Wanita Susah Hamil

Satuviral
ilustrasi-pikun- Satu Viral – SATUVIRAL
ilustrasi-pikun

Saat mengantuk, mudah lupa dan daya ingat juga perlahan akan menurun. Pasalnya, selama Anda tidur, saraf di otak Anda yang menyimpan ingatan memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri.

Avelino Verceles, seorang ahli di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland di Amerika Serikat, mengatakan selama tidur otak akan  merekam dalam memori jangka pendek segala macam hal yang kita pelajari dan alami sepanjang hari. Inilah alasannya kamu tidak boleh tidur dengan marah.

“Kurang tidur mempengaruhi kemampuan Anda untuk memahami informasi baru. Jadi kamu tidak akan dapat belajar secara efektif,” kata Gina.

Update terus informasi soal kesehatan di Satu Viral. Jangan sampai ketinggalan info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan berita viral disini.

Popular Categories

Ads on Satuviral