Thursday, February 29, 2024
HomeCelebrityBaim-Paul Terancam di Penjara, Bikin Konten Prank KDRT

Viral: Baim-Paul Terancam di Penjara, Bikin Konten Prank KDRT

Masuk Pidana Laporan Palsu

Gosip Artis; Youtuber Baim Wong dan Paula Verhoeven terancam masuk penjara. Polisi tengah mengusut konten prank laporan KDRT yang dilakukan Paula Verhoeven ke Polsek Kebayoran Lama minggu lalu. Dalam waktu dekat Polisi akan memanggil Baim untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi mengatakan kedua artis ini bisa dijerat delik laporan palsu terkait video prank KDRT itu. Sebab tindakannya itu masuk kategori pidana.

Menurutnya, polisi bakal melakukan klarifikasi terhadap Baim Wong beserta timnya. Sebab dia telah berbohong pada polisi.

“Dia telah melakukan pemalsuan laporan. Itu kan bohong walaupun bilangnya prank. Kan tidak bisa main-main. Apalagi kejadiannya bohong. Akan kami periksa,” tegasnya pada wartawan seperti ditulis Satu Viral di Jakarta, Senin (3/10/2022)..

Ia menjelaskan tindakan yang dilakukan pasangan suami istri selebritis itu mengarah ke Pasal 220 KUHP soal laporan palsu. Adapun bunyi Pasal 220 KUHP tersebut, barang siapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Bikin Prank KDRT, Baim- Paula Banjir Hujatan Netizen

satuviral
- Advertisement -

“Bisa dipidana itu karena kan dia bohong. Lain kalau betulan,” tegasnya.

Langkah tegas ini dilakukan untuk mencegah masyarakat melakukan kejadian serupa. Pasalnya tindakan berbohong ataupun prank akan menyulitkan dan menambah beban polisi.

Meski begitu, lanjutnya, pihaknya belum memastikan kapan pemanggilan bakal dilakukan. Penyidik akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kapolsek Kebayoran Lama lantaran perbuatan Baim itu dilakukan di sana.

Komnas Perempuan Dukung Beri Sanksi Baim-Paula

Komisioner Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Siti Aminah Tardi mendukung langkah kepolisian itu. Menurut perempuan yang akrab disapa Ami ini, peristiwa KDRT adalah peristiwa pidana dan seharusnya tidak digunakan untuk bahan bercanda.

“Ini menjadi penting bagi kita dalam membangun penegakan hukum. Agar di kemudian hari tidak ada lagi konten konten dengan tujuan prank,” ucap Ami.

Tindakan tegas juga bertujuan agar dikemudian hari tidak ada korban KDRT yang takut melapor.

“Juga agar korban KDRT tidak memiliki kekhawatiran ketika melapor, laporannya akan dinilai sebagai prank,” tutupnya.

Konten prank yang dibuat Baim dan Paula Verhoeven ini viral di media sosial dan mendapat kecaman dari netizen. Awalnya Paula mendatangi Kantor polisi Kebayoran Lama pada Sabtu (01/10/2022) dan berpura-pura mau melaporkan tindakan KDRT. Polisi yang menerima laporan ini terkejut.

Namun tiba-tiba Baim masuk ke dalam ruangan dan menjelaskan bahwa tindakannya hanyalah bohong untuk kepentingan konten media sosialnya. Baim beralasan membuat konten itu karena ingin mengetahui prosedur pelaporan korban KDRT.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -