Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeCelebrityBanjir Hujatan, Ini Alasan Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week

Banjir Hujatan, Ini Alasan Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week

Baim Mengaku Sudah Minta Izin Bonge CS

Info Viral; Selebritis Baim Wong mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week (CFW) kepada Kemenkumham.

Langkah ini membuatnya banjir hujatan dari warganet. Bahkan namanya sempat viral dan menjadi trending topik di Twitter.

Baim melakukan pendaftaran ke Pangkalan Data Keyakinan Intelektual (PDKI) pada 20 Juli 2022. Pihak yang mendaftarkan tertulis PT Tiger Wong Entertainment. Selain Baim, adapula Indigo Aditya Nugroho yang turut mendaftarkan HAKI pada 21 Juli 2022.

Ia menjelaskan langkah ini ia tempuh untuk membawa event CFW lebih maju. Ia ingin event happening ini tidak kalah dengan negara lain.

Nayeon TWICE Ngedance Bareng Felicya Angelista dan Baby Bible, Netizen Sebut Menggemaskan

Satuviral

Klarifikasi Baim Lewat IG Story

“Citayam Itu bukan milik saya. Ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yg punya visi MENJADIKAN CITAYAM fashion week sbg AJANG yg mempunyai wadah yg legal dan ga musiman. Dan yg paling penting ,bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia, ”katanya di status IG miliknya.

Suami Paula Vanhouver ini mengaku sudah meminta izin dan bertemu dari para “pendiri” dan “pentolan” CFW yakni Bonge, Jeje CS.

“Alhamdulilah semua kejadian ini track recordnya ada. Kapan saya pertama kali hub Bonge. Kapan saya mendaftarkan haki. Kapan saya berbicara dengan semua org yg berhubungan dgn Citayam fashion week,” tutur dia.

Sahabat Raffi Ahamad ini juga mengaku sudah meminta izin pemerintah Indonesia dan pemilik Gedung Sarinah.

“Kapan saya minta ijin pak mentri untuk acara ini. Kapan saya minta ijin Dirut Sarinah ketika mencari venue untuk acara ini. Alhamdulilah semua ada . Jadi bukan karena adanya berita ini, baru kita kalang kabut untuk mencari alasan. Semua sudah ada track recordnya alhamdulilah,” tutur Baim.

Ernest dan Netizen Tuding Baim Serakah

Tindakan Baim Wong mempatenkan(CFW) ke Dirjen HAKI menuai kecaman dari warganet dan selebritis. Salah satunya Artis dan sutradara Ernest Prakasa.

Founder Stand Up Comedy ini juga menilai tindakan Baim yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai HAKI adalah sebuah keserakahan.

“Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu,” cuit @ernestprakasa, Minggu, 24 Juli 2022.

Paula Gaet Bonge Kolaborasi Bikin Event Citayam Fashion Week Mendunia

Satuviral

“HAKI itu dibuat untuk melindungi kreator. Agar pekerja kreatif bisa sejahtera dari ide & karya mereka sendiri. Bukannya dulu duluan, main sikat mumpung belum ada yang daftarin,” tulisnya lagi.

Tak hanya Ernest Prakasa yang merasa geram, warganet juga kesal. Kedepan imbas dari pendaftaran ini adalah mempersempit ruang gerak para kreator jika bersangkutan dengan CFW.

Pasalnya siapapun yang hendak membuat event dengan menggunakan CFW diwajibkan meminta izin. Selain itu juga memberikan royalti kepada pemegang HAKI CFW. Sanksi itu tercantum di Pasal 100 UU Merek dan Indikasi Geografis.

Disitu tertulis penggunaan hak merek tanpa izin diancam pidana 5 tahun penjara. Juga denda maksimal Rp 2 miliar, jika menggunakan merek ‘yang sama pada keseluruhannya’

“Biarin aja itu dibangun publik dan jadi milik publik. Jangan dibikin ribet kedepannya,” cuit akun @mazzi.

Netizen juga ramai-ramai menuliskan krik di foto Baim. Salah satunya foto ia di depan lukisan bertuliskan Orang Kaya Takut Miskin. Orang Miskin ga Takut Kaya.

“Iya saya takut banget miskin. Sampe ngajuin HAKI Citayam Fashion Week,” ucap xxindahcpxx.

“Pas bang,, anda takut miskin ga,” ujar @ oktaviadevi66

“Caption buat diri sendiri ya? Pantes ngeklaim ide orang menengah kebawah,” @farhanm_26.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,603FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
284FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement