Monday, February 26, 2024
HomeTrending ViralBank Indonesia Godok Uang Rupiah Digital, Ini Bedanya dengan Uang Elektronik dan...

Viral: Bank Indonesia Godok Uang Rupiah Digital, Ini Bedanya dengan Uang Elektronik dan Crypto

Perbedaan Rupiah Digital dengan Uang Elektronik

Berita Terkini; Bank Indonesia tengah menggodok panduan penerbitan uang rupiah digital atau central bank digital currency (CBDC). Uang rupiah digital (URD) berbeda dengan uang elektronik.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Ryan Rizaldy mengatakan uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik. Nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu. Nilai mata uangnya bernilai sama dengan uang tunai (uang fisik).

Ia melanjutkan, pada uang elektronik, pemilik harus menyetorkan uangnya terlebih dahulu kepada penerbit. Kemudian uang disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan bertransaksi.

Sementara rupiah digital digunakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk menggantikan uang tunai. Rupiah digital akan bertindak sebagai representasi digital dari mata uang suatu negara.

 – SATUVIRAL

Kominfo Ancam Blokir Instagram, Google Hingga Facebook, Ada Apa?

Satuviral

Ia melanjutkan perbedaan yang paling sederhana adalah, rupiah digital diterbitkan BI selaku otoritas moneter. Sementara uang elektronik bisa diterbitkan oleh pihak swasta atau lembaga non perbankan.

- Advertisement -

“Gampangnya kalau CBDC yang diterbitkan bank sentral seperti BI. Kalau kartu debit itu uangnya bank umum. Kalau e-money, gopay, ovo ini kan diterbitkan lembaga non bank,” jelas Ryan seperti dikutip Satu Viral.

Selain itu ia menyebutkan rupiah digital bisa digunakan untuk transfer tunai. Bisa juga dipakai dalam transaksi surat berharga negara (SBN). Di sisi lain, Ryan nmenegaskan rupiah digital tidak akan menghilangkan uang tunai dan uang elektronik. Malah menambah opsi transaksi.

Perbedaan dengan Uang Crypto

Ryan melanjutkan konsep mata uang digital ini mirip dengan mata uang kripto atau cryptocurrency. Perbedaannya harga rupiah digital dipatok dari mata uang kartal (tunai) negara tersebut.

Sementara nilai mata uang kripto dipatok dari permintaan pasar antara penjual dan pembeli serta dari perusahaan pembuat kripto.

Maka, secara sederhana CBDC dapat dipahami sebagai bentuk digital dari uang kertas dan uang koin suatu negara. CBDC bisa diartikan juga uang kripto yang resmi diterbitkan oleh bank sentral (BI).

Kedepan, Rya melanjutkan BI akan mengeluarkan dan mengedarkan rupiah digital melalui blockchain. Tak ada lagi pungutan biaya transaksi jika bertransaksi di blockchain. Pasalnya rupiah digital akan langsung tersambung dalam sistem mata uang digital.

Karena diterbitkan oleh BI, Ryan menegaskan rupiah digital berisiko rendah dan aman. Ia berharap Rupiah Digital memudahkan masyarakat bertransaksi dalam berbagai situasi.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Unik, Kontes Putri Jawa di Suriname, Nama Belakang dan Paras Peserta Disorot

satuviral

Ryan mengatakan sudah saatnya bank sentral menerbitkan uang digital. Sebab saat ini transaksi digital sudah lebih dikedepankan.

“Saat ini memang sudah zamannya digital sudah saatnya bank sentral kita ini buat digital money,” kata Ryan lagi.

Penerbitan rupiah digital juga sebagai antisipasi berbagai bank sentral di seluruh dunia. Juga untuk memitigasi adanya risiko stabilitas pasar keuangan. karena masifnya penggunaan kripto.

Saat ini bank sentral di seluruh dunia termasuk Bank Indonesia masih berproses merumuskan CBDC. Bank Indonesia berencana menerbitkan white paper (panduan) pengembangan CBDC Rupiah akhir tahun.

Melansir data Investopedia, per Maret 2022 sudah ada delapan negara dan wilayah yang meluncurkan CBDC. ke delapan negara yakni Bahama, Antigua dan Barbuda, St. Kitts dan Nevis, Montserrat. Ada juga negara Dominica, Saint Lucia, St. Vincent and the Grenadines, Grenada, dan Nigeria.

Selain itu, masih ada 80 negara yang sedang mengkaji proyek CBDC. Beberapa di antaranya adalah India, Jamaika, Swedia, Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -