Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeDestinationBanyak Negara Perketat Kedatangan Turis China, ASEAN Belum

Viral: Banyak Negara Perketat Kedatangan Turis China, ASEAN Belum

ASEAN Belum Akan Perketat

Info Viral: Peningkatan kasus Covid-19 kembali terjadi di China seiring pelonggaran pembatasan.

Banyak negara mulai memperketat perbatasan untuk turis Tiongkok sebagai tanggapan atas meningkatnya kasus di Tiongkok, tetapi Asia Tenggara belum.

Amerika Serikat dan Eropa telah mulai menerapkan tes virus corona wajib untuk turis China. Turis China dinilai mulai berbahaya akibat meningkatnya penularan di Negeri Tirai Bambu.

Tidak demikian di Asia Tenggara, lapor VNExpress. Negara-negara ASEAN bahkan berebut untuk merebut pasar China.

Banyak Negara Perketat Kedatangan Turis China - Satuviral – SATUVIRAL

Alasan Singapura Negara Paling Aman Buat Turis

Satuviral

Kamboja adalah salah satunya. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengatakan bahwa mereka berharap turis China akan datang ke Kamboja secepat mungkin.

“Tidak ada kewajiban untuk melakukan tes apapun untuk turis China, mereka bisa datang seperti turis biasa,” ujarnya.

Kamboja Terima Dua Juta Turis China

Sebelum pandemi, Kamboja menerima lebih dari 2 juta turis Tiongkok dalam setahun. Artinya, hampir 40% turis internasional adalah turis Tiongkok.

Begitu juga Indonesia. Peraturan masuk bagi wisatawan Tiongkok sama dengan wisatawan lainnya, tidak ada perbedaan. Indonesia akan memantau situasi.

“Adanya gelombang kasus COVID di negara lain seperti di China tentunya tetap dimonitor. Pemerintah selalu melakukan surveilans epidemiologi di titik masuk seperti bandara untuk mencegah adanya kasus masuk dari negara lain,” kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

Banyak Negara Perketat Kedatangan Turis China - Satuviral – SATUVIRAL

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar yang Kolamnya Jadi Tempat Renang

Satuviral

Wiku mengatakan kasus Corona di Tanah Air harus tetap terkendali meskipun kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan disesuaikan nantinya. Pemerintah, lanjutnya, akan terus menggencarkan vaksinasi booster ke masyarakat.

Semua pelancong asing yang masuk ke Indonesia wajib menunjukkan bukti vaksinasi lengkap saja.

Thailand Masih Terlihat Santai

Sedangkan Negeri Gajah Putih masih terlihat santai. Thailand yang diam-diam memulai industri pariwisatanya sejak wabah, kini penuh dengan ekspektasi kedatangan turis China.

Komite Nasional Penyakit Menular telah mengusulkan kepada pemerintah Thailand agar turis Tiongkok diperlakukan seperti turis lainnya. Hanya diperlukan bukti vaksinasi, tidak ada tes covid pada saat kedatangan.

Singapura, Vietnam dan Malaysia Tidak Mengubah Kebijakan

Singapura, Vietnam, dan Malaysia sepakat untuk tidak melakukan perubahan kebijakan apapun bagi turis China. Wisatawan yang belum divaksin lengkap hanya perlu melakukan pre-departure testing dan membeli asuransi perjalanan.

Sebelum pandemi, China adalah sumber wisatawan terbesar di ASEAN. Tercatat hampir 5,8 juta orang China datang ke ASEAN pada 2019. Inilah sebabnya meskipun meningkat di Asia Tenggara, tetap menerima turis China.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral