Friday, September 22, 2023
HomeTrending ViralBawa Batu dari Mars ke Bumi Tuai Kritik, Segini Harganya

Viral: Bawa Batu dari Mars ke Bumi Tuai Kritik, Segini Harganya

Bawa Batu dari Mars ke Bumi Tuai Kritik

Info Viral: Biaya membawa batuan planet Mars ke Bumi telah dikritik oleh banyak orang karena biayanya yang luar biasa. Untuk membawa batu-batu yang ada di planet merah itu dibutuhkan biaya sebesar USD10 miliar atau mencapai Rp149,7 triliun. 

Biayanya justru berlipat ganda dari rencana semula. Pasalnya, perkiraan biaya pengangkutan batu dari Mars ke Bumi hanya US$4,4 miliar atau sekitar Rp65,8 triliun.

Hanya saja disebutkan Ars Technica, Richard Cook, NASA Program Manager for the mission at the Jet Propulsion Laboratory menyebutkan biaya menjadi dua kali lipat. Rincian US$ 8 miliar (Rp 119,7 triliun) hingga US$ 9 miliar (Rp 134,7 triliun) diperlukan untuk persiapan misi saja.

Bawa Batu dari Mars ke Bumi Tuai Kritik - Satuviral – SATUVIRAL

Biaya itu tidak termasuk biaya peluncuran, dana operasi selama periode lima tahun, dan biaya pembangunan fasilitas untuk menerima sampel batuan dari Mars.

- Advertisement -

Jika dijumlahkan semua, dana yang dibutuhkan mencapai 10 miliar dolar AS. Hanya saja, biaya sebesar itu justru dikritik mantan pejabat NASA Thomas Zurbuchen.

Pria yang pernah mengepalai proyek NASA ini mengatakan uang sebesar itu akan mengguncang dunia. Dan, menurutnya, komunitas ilmiah belum pernah menerima biaya penelitian sebesar itu.

“Biaya membawa batu dari Mars ke bumi sudah sejak lama bikin saya susah tidur. Kini saya yakin krisisnya masih terus berlanjut,” ucap Thomas Zurbuchen. 

Dia mengatakan, sejak awal misi, perhitungan biaya yang dibutuhkan belum terlalu detail dan komprehensif.

Akibatnya terdapat banyak kesalahan perhitungan yang membuat perkiraan biaya terus-terusan membengkak.

Hal itu menurut Thomas Zurbuchen disebabkan NASA dan pihak-pihak peneliti terkait belum mendapatkan model atau skema yang pas untuk membawa batu-batu Mars ke bumi.

Salah satu skema yang masih terus berubah-ubah adalah proses pengiriman batu Mars ke Bumi.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -