Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralBegini Cara Astronot Wudhu di Luar Angkasa

Viral: Begini Cara Astronot Wudhu di Luar Angkasa

Cara Astronot Wudhu

Info Viral: Partisipasi Muslim dalam misi luar angkasa tidak mengurangi kewajiban agama mereka, seperti shalat. Lantas, bagaimana cara astronot wudhu di luar angkasa?

500 astronot telah melakukan perjalanan ke luar angkasa sejak 1961, menurut situs resmi Harvard. Sebanyak 2% atau 9 di antaranya beragama Islam.

Panduan Disusun oleh 150 Ulama

Mereka mengaku kesulitan melakukan ibadah, termasuk shalat, di luar angkasa. Jika Anda biasa menghadapi Mekkah yang mengorbit Bumi dengan kecepatan 28.000 km/jam, rumit jika Anda menghadapinya secara rutin.

Selain itu, shalat wajib lima waktu tidak dapat dilaksanakan dengan baik di lingkungan di mana matahari terbit dan terbenam setiap 90 menit sementara astronot mengorbit Bumi.

Begini Cara Astronot Muslim Puasa di Luar Angkasa

Satuviral

Ini tidak termasuk masalah pembersihan. Wudhu yang biasanya dilakukan di bawah air mengalir, bermasalah jika dilakukan di ruang angkasa tanpa gravitasi.

- Advertisement -

Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintah Malaysia kemudian menghimpun 150 ulama, ilmuwan, dan astronot untuk membuat panduan astronot.

Panduan itu dibuat ketika Malaysia mengirim astronot pertamanya, Sheikh Muszaphar Shukor, ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan pesawat Soyuz Rusia pada 2007.

Begini Cara Astronot Wudhu di Luar Angkasa - Satuviral – SATUVIRAL

Peraturan Wudhu di Luar Angkasa

Maka para ulama mengeluarkan perburuan untuk membantu para astronot muslim. Fatwa tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Arab.

“Panduan sholat International Space Station (ISS) yang disiapkan oleh Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM) sebagai panduan astronot muslim untuk sholat di ISS,” tulis para ulama dalam panduan tersebut.

Dalam tuntunan itu, para ulama memasukkan tuntunan istinja, yaitu tindakan mensucikan atau membersihkan diri dari najis, seperti sehabis buang air kecil.

Bersuci di ruang angkasa harus mengikuti enam prinsip:

  1. Memakai material yang suci
  2. Menggunakan material yang solid
  3. Menggunakan material yang kering dan tidak licin
  4. Menggunakan tidak lebih daripada tiga lembar tisu
  5. Dilakukan sebelum najis mengering
  6. Dilakukan sebelum najis menyebar

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -