Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralBegini Cara Mengumpulkan Dana Darurat dengan Mudah

Viral: Begini Cara Mengumpulkan Dana Darurat dengan Mudah

Segera Siapkan Tombol Darurat

Info Viral: Cara mengumpulkan dana darurat bukanlah tugas yang mudah bagi semua orang. Pasalnya, dana darurat seringkali dianggap kurang penting dan lebih mementingkan menutupi pengeluaran lainnya.

Namun terlepas dari kesulitan menyisihkan dana darurat, dana yang kamu kumpulkan dapat memberikan banyak manfaat.

Agar bisa mengumpulkan dana darurat, kamu harus mengeluarkan uang secara rutin. Pasalnya, dengan mengatur pengeluaran, kamu bisa melihat berapa pengeluaran kamu setiap bulannya.

Dengan begitu, kamu akan tahu berapa sisa pengeluaran, yang bisa kamu sisihkan untuk dana darurat. Jadi apa itu dana darurat dan manfaatnya seumur hidup. Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Mengumpulkan Dana Darurat - Satuviral – SATUVIRAL

Begini Cara Cepat Meraih Rp 1 Miliar

Satuviral

Apakah dana darurat penting untuk disiapkan?

Dana darurat adalah sikap antisipatif terhadap kemungkinan keadaan darurat di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan dana darurat.

- Advertisement -

Menurut laporan tahun 2020 yang diterbitkan oleh Organization for Cooperation and Development (OECD)/INFE dalam International Survey of Adult Financial Literacy, hampir separuh penduduk Indonesia (46%) hanya mampu bertahan seminggu jika terjadi krisis.

Sebanyak 18% bertahan 1 bulan, 5,8% bertahan 3 bulan, dan 8,6% bertahan 6 bulan atau lebih. Dan 21,6% responden menyatakan tidak tahu.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa dana darurat adalah salah satu hal terpenting yang harus kita siapkan untuk kemungkinan terburuk atau keadaan darurat di masa depan.

Kapan waktu yang tepat untuk mengumpulkan dana darurat?

Tidak ada waktu yang tepat untuk menjawab pertanyaan kapan dana darurat harus dikumpulkan. Karena pada dasarnya, keadaan darurat adalah situasi yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun, bahkan diri kamu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengumpulkan atau mengalokasikan dana darurat sesegera mungkin.

Lanjut ke sebelah…

Cara mengumpulkan dana darurat dari gaji atau penghasilan bulanan

Mengumpulkan dana darurat bukanlah tugas yang mudah jika kamu bukan salah satu dari orang-orang yang mengelola pengeluarannya dengan baik. Kamu bisa merasa kesulitan ketika harus tetap konsisten dengan tabungan dana darurat kamu.

1. Periksa kembali pemasukan dan pengeluaran bulanan

Penting bagi kamu agar mengumpulkan dana darurat tidak membebani arus kas kamu saat ini. Karena dengan begitu kamu akan tahu secara detail berapa yang harus kamu sisihkan untuk dana darurat kamu.

Lebih baik lagi jika kamu menyimpan catatan keuangan dan pembukuan secara detail. Dengan cara ini, kamu dapat mempertahankan kendali penuh atas pengeluaran, memotong beberapa yang menurut tidak perlu, dan mentransfer pengeluaran yang tidak perlu itu ke dana darurat.

2. Sisihkan pengeluaran tidak penting

Dalam pengelolaan keuangan bulanan, beberapa pengeluaran seringkali terasa tidak penting. Mulailah dengan jalan-jalan, berbelanja, atau sekadar membeli barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Info viral di atas juga menyebut salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan dana darurat adalah dengan menghentikan kebiasaan tersebut. Dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu, kamu bisa menghemat banyak uang setiap bulannya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -