Tuesday, February 27, 2024
HomeHealthBenarkah Mandi Malam Bikin Rematik?

Viral: Benarkah Mandi Malam Bikin Rematik?

Mandi Malam Sebabkan Rematik

Info Viral: Banyak orang percaya bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik.

Asumsi ini adalah salah satu mitos mandi malam hari yang paling populer. Jadi, apa faktanya?

Rematik sendiri merupakan penyakit autoimun dan inflamasi yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang persendian yang sehat.

Cara Cepat Membersihkan Paru-paru Perokok

Satuviral

Fakta Penyebab Rematik

Penyakit ini menyebabkan nyeri hebat pada otot dan persendian pasien. Biasanya rasa sakitnya ada di pergelangan tangan atau kaki.

Tidak main-main, bahkan info viral menyebutkan rasa sakitnya membuat pasien sulit berjalan atau bergerak.

- Advertisement -

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rematik. Selain karena sistem imun yang menyerang sel-sel sehat, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor luar seperti polusi, merokok atau faktor penyebab infeksi lainnya.

Benarkah Mandi Malam Bikin Rematik? - Satuviral – SATUVIRAL

Selain itu, banyak juga yang percaya bahwa mitos mandi malam bisa menjadi salah satu penyebab rematik. Namun, klaim ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Rheumatologist Andi Raga Ginting mengatakan klaim ini merupakan 100% mitos. “Tidak ada penelitian yang mendukung atau membuktikan hal ini,” kata Andi.

Andi melanjutkan, mandi air dingin pada malam hari pada dasarnya dapat menyebabkan nyeri pada penderita rematik atau masalah persendian lainnya. Namun, mandi malam tidak akan menyebabkan rematik.

Artinya nyeri setelah mandi malam hanya boleh digunakan pada orang yang diketahui mengalami rematik atau masalah persendian lainnya.

Andi menjelaskan bahwa kombinasi air dingin dan suhu malam hari yang lebih dingin dapat menyebabkan kapsul sendi menyusut, menyebabkan stres dan ketidaknyamanan.

Manfaat dari Mandi Malam

Mandi malam sebenarnya baik untuk kesehatan. Mandi malam dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang baik, terutama jika Anda mandi air hangat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh beberapa penelitian.

Perut Sering Kembung? Stop Kebiasaan Makan Makanan yang Asin

Satuviral

Beberapa jam sebelum tidur, suhu inti tubuh secara alami menurun, sedangkan suhu kulit tangan dan kaki meningkat.

Para ilmuwan berspekulasi bahwa mandi dengan air hangat membantu proses termoregulasi alami dan dengan demikian meningkatkan kualitas tidur.

Studi mandi air dingin di malam hari telah memberikan hasil yang beragam. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mandi air dingin selama tiga jam pertama meningkatkan kualitas tidur.

Namun, penelitian lain menemukan bahwa mandi air dingin di malam hari dapat menurunkan suhu tubuh. Hal ini dikatakan mempengaruhi kualitas tidur.

Berikut diatas penjelasan mitos mandi malam yang dipercaya dapat menyebabkan rematik. Untuk hasil terbaik, disarankan agar Anda mandi air hangat di malam hari.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -