Advertisement
Sunday, June 26, 2022
Advertisement

Besok, 5 Planet Tata Surya Bakal Sejajar, Apa Efeknya Untuk Bumi?

Kejadian Langka Ratusan Tahun sekali


Info Viral, Sebuah Fenomena astronomi langka akan terjadi pada 24 Juni 2022 nanti. Lima planet akan sejajar pada garis lintasan tata surya.

Peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller mengatakan kelima planet adalah Merkurius, Venus, Bumi, Jupiter, dan Saturnus.

“Kesempatan langka untuk melihat hal yang dapat disaksikan dari rumah. Kelima planet di Tata Surya kita yang bisa dilihat sekaligus dengan mata telanjang,” kata Biller seperti dikutip pada Satu viral.

Fenomena ini disebut langka karena terjadi ratusan tahun sekali. Kejadian serupa terjadi pada 158 tahun lalu. Tepatnya pada tanggal 5 Maret 1864.

Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit. Namun waktu pastinya sesuai dengan waktu fajar atau matahari terbit.

Waspada, Malware ini Sedot Dompet Kripto dan Kuras Rekening Korban

Satuviral

“Waktu awal adalah 75 menit sebelum Matahari terbit. Sekitar pukul 04.30 waktu setempat. Akan berakhir hingga 25 menit sebelum Matahari terbit. Sekitar pukul 05.30 waktu setempat,” ujar Andi.

Dia menyampaikan, fenomena langka lima planet sejajar ini bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Asalkan selama cuaca cukup cerah.

Sedangkan, bagi wilayah yang polusi cahayanya nyaris tidak ada dapat disaksikan tanpa menggunakan teleskop.

Empat Teknologi yang Bakal Tren Di masa Depan

Satuviral

Apakah efeknya Untuk Bumi?

Sementara itu, sejumlah ilmuwan telah menegaskan bahwa fenomena langka 5 planet sejajar ini tidak berbahaya bagi kehidupan di Bumi.
Fenomena planet sejajar ini hanya akan mempengaruhi pasang surut air yang ada di bumi.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan terkait dampak yang akan terjadi dari adanya fenomena planet sejajar yang akan terjadi pada 24 Juni 2022.

Fenomena planet sejajar ini biasanya terjadi setiap 18-19 tahun sekali. Sehingga kemungkinan akan terjadi kembali pada tahun 2041. Adapun sebelumnya telah berlangsung konfigurasi lima planet sejajar secara bersamaan pada 4-19 Juni 2022.

Kelima planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.
Selanjutnya, fenomena langka akan kembali terjadi pada 28-30 Juni 2022. Ada enam planet yang sejajar. Mereka adalah Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Leave feedback about this

Advertisement

Stay Connected

1,500FansLike
15,213FollowersFollow
1,674FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Categories

- Advertisement -