Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTechBikin Merinding! Nasa Rilis Suara dari Lubang Hitam

Viral: Bikin Merinding! Nasa Rilis Suara dari Lubang Hitam

Ada Teriakan Seperti Film Horor

Berita terkini; Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru baru ini mempublish rekaman suara yang berasal dari lubang hitam atau black hole. Suara ini merupakan hasil tangkapan Nasa yang berasal dari gugusan galaksi Perseus.

Dikutip Washington Post, gelombang suara yang keluar dari lubang hitam supermasif itu terletak 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Nasa sedikit mengedit suara ini agar bisa didengar telinga manusia. Pasalnya, suara asli dari lubang hitam ini tidak terdengar oleh telinga manusia.

Awalnya nada suara itu terlalu rendah untuk didengar manusia, sekitar 57 oktaf di bawah C tengah. Nasa kemudian menaikkan oktafnya dan mensintesis ulang gelombang suara ke dalam jangkauan pendengaran manusia. Proses itu juga menambahkan lebih banyak catatan dengan menerjemahkan data astronomi menjadi suara.

Lewat akun Twitternya, NASA mengatakan sengaja memposting suara ini untuk meluruskan kesalahpahaman. Sebelumnya banyak pihak menilai jika ruang angkasa tidak menghasilkan suara. Karena sebagian besar ruang adalah vakum dan tidak memberikan jalan bagi gelombang suara untuk merambat.

Ilmuan Ungkap Tanah di Mars Berpotensi Layak dihuni Jangka Panjang

Satuviral

“Selama ini publik memiliki asumsi keliru, bahwa suara tidak bisa terdengar di ruang hampa. Padahal, di galaksi berikut, aktivitas gas dekat lubang hitamnya menghasilkan suara yang bisa terekam jelas,” ujar NASA lewat Twitter.

NASA menjawab rasa penasaran publik yang bertanya-tanya bagaimana suara black hole atau lubang hitam lewat rilis suara. Hasilnya, suara yang dimunculkan dan dirilis oleh NASA ini menakutkan bak film horor. Tak hanya menakutkan, suaranya juga terdengar seperti marah.

“Salah satu motivasi untuk membuat sonikasi data semacam itu adalah keinginan untuk berbagi ilmu dengan lebih banyak orang,” kata NASA.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Teleskop James Webb Tangkap Foto- Foto Luar Angkasa Yang Mencengangkan

Satuiviral

Apa itu Lubang Hitam?

Lubang hitam di pusat Perseus telah dikaitkan dengan adanya suara sejak tahun 2003. Saat itu para astronom menemukan bahwa gelombang tekanan yang dipancarkan dari lubang hitam menyebabkan riak-riak di gas panas cluster yang dapat diterjemahkan ke dalam sebuah catatan.

Galaksi itu dianggap punya banyak kandungan gas yang tersebar di sekitar lubang hitam. Dengan demikian muatan gas itu memicu interaksi dengan plasma, dan terciptalah gelombang suara.

Sebelumnya pada 2003, para astronom mendeteksi sesuatu yang benar-benar mencengangkan, gelombang akustik yang menyebar melalui sejumlah besar gas yang mengelilingi lubang hitam supermasif di pusat gugus galaksi Perseus.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com