Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralBPOM Rilis 23 Merek Obat Sirup Aman

Viral: BPOM Rilis 23 Merek Obat Sirup Aman

Daftar Obat Tidak Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Berita Viral; Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis 23 nama obat-obatan sirup yang aman digunakan. Ke 23 obat ini sudah diteliti dan dinyatakan tidak menyebabkan gagal ginjal akut. Sebab hasil penelitian sampel tidak mengandung zat Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan Kementerian Kesehatan menginstruksikan pihaknya untuk meneliti 102 sampel produk obat sirup. Seluruh obat ini digunakan oleh pasien gagal ginjal akut sebelum dilarikan ke rumah sakit.

“Nah 23 produk ini tetap aman digunakan masyarakat. Sepanjang sesuai aturan pakai. Karena tidak menggunakan bahan baku yang bisa menyebabkan paparan senyawa zat Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG),” kata Penny melalui keterangan pers seperti ditulis Satu Viral di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Ke23 merek obat sirup ini diantaranya

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

BPOM Duga 5 Merek Obat Sirup ini Sebabkan Gagal Ginjal Akut

satuviral

Sementara puluhan obat sirup lainnya masih dalam proses pemeriksaan laboratorium. BPOM masih mencari tahu apakah seluruh obat itu mengandung propilen glikol, polietilen Glikol; Sorbitol dan Gliserin.

133 Obat Sirup Aman dari EG dan DEG

Pada kesempatan yang sama Penny juga mengumumkan sebanyak 133 jenis obat sirup yang aman digunakan oleh masyarakat. Ke 133 obat sirup tersebut sudah terbukti bebas dari paparan dua zat berbahaya yakni EG dan DEG.

Sejumlah merek obat sirup yang tidak berbahaya diantaranya Komix OBH, Konidin OBH, OBH Kombi dan Obat flu rhinos neo drops. Berikut sebagian daftar nama obat sirup yang aman dikonsumsi.

BPOM turut mengumumkan bahwa produk Termorex Sirup kini masuk dalam kategori aman. Sebelumnya BPOM menyatakan termorex berbahaya sebab sejumlah sample produk tercemar EG dan DEG. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata sampel yang berbahaya ini hanya diterjadi pada sejumlah batch produksi.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Obat Gagal Ginjal Akut Tiba di Indonesia, Segini harganya

Satuviral

Menurut Penny dengan hasil pemeriksaan ini, maka produk Termorex yang ditarik dari pasaran hanyalah produk yang memiliki batch sesuai dengan hasil penelitian tercemar.

“Artinya Termorex Sirup batch tertentu saja yang ditarik. Bathc yang lain aman karena di batch lain tidak melebihi ambang batas,” tegasnya.

Hingga kini Kemenkes mengatakan jumlah pasien yang mengidap gagal ginjal akut bertambah menjadi 245 yang tersebar di 26 provinsi. Delapan provinsi yang memiliki pasien terbanyak diantaranya yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Aceh, Jawa Timur, Sumatra Barat, Bali, dan Banten.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com