Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeTrending ViralBule Kencing di Puncak Bromo, Netizen Kritik Pedas

Bule Kencing di Puncak Bromo, Netizen Kritik Pedas

Buang Pipis di Puncak Gunung Pagi Hari

Berita Viral; Sebuah video yang memperlihatkan turis asing tengah kencing di atas puncak Gunung Bromo viral di sosial media. Dalam video yang diunggah di akun @lambeturah, tampak seorang bule laki-laki membuang air kencingnya di puncak Bromo.

Awalnya video itu diunggah oleh akun instagram @hometown.earth. Terlihat dua orang bule laki-laki dan perempuan tengah asyik menikmati pagi di gunung yang dianggap keramat dan sakral suku Tengger Jawa Timur ini. Video ini sudah dihapus. Namun diunggah ulang akun @pendakimusiman.

“Kelakuan buruk turis di Gunung Bromo. Gunung Bromo ini gunung suci yang sangat disakralkan dan dihormati oleh suku Tengger. Jangankan kencing begini, kita di sunrise point saja kencing dilarang menghadap ke Gunung Bromo,” tulis unggahan @pendakimusiman seperti ditulis Satu Viral, Jumat (16/09/2022)

Usai viral, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) kecewa dan menyayangkan aksi yang dilakukan bule tersebut. Aksi tersebut dinilai tidak etis, apalagi Gunung Bromo disucikan dan dihormati oleh masyarakat Suku Tengger.

Hemat Listrik, Lampu Menara Eiffel Dipadamkan Lebih Awal

Satuviral

“Kami prihatin atas perilaku yang dilakukan wisatawan tersebut. Selain tidak etis , kencing di sembarang tempat juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati oleh masyarakat Tengger,” kata Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB-TNBTS, Sarif Hidayat.

Ke Depan akan melakukan upaya edukasi kepada para pengunjung di kawasan itu agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Edukasi akan diperkuat melalui platform media sosial.

“Sudah seyogyanya, pengunjung atau siapapun yang berkunjung harus menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi-lokasi di Bromo,” pungkasnya.

Netizen pun ramai-ramai memberi komentar amarah pada postingan ini.

“Bule gak sopan. Ntar kepleset di kawah ga usah mewek yee,” tutur angie.wangi

“Jadiin tumbal persugihan aja,” kata febrinar_

“Beda negara beda budaya ya om… lain kali kantongin aja pake plastik,” tulis irmantaopik.

Warganet juga menggeruduk akun instagram bule yang belum diketahui namanya ini.

Tanah Bergerak Landa Bogor, Tujuh Rumah Ambruk

Satuviral

Bule Minta Maaf Mengaku Tak Tahu Aturan

Usai viral, turis asing ini pun meminta maaf. Ia sadar perbuatannya melewati batas dan tidak dapat ditolerir.

“Kepada warga Indonesia dan khususnya Suku Tengger, kami meminta maaf. Apa yang terjadi adalah tindakan bodoh. Kami jelas tidak memikirkan latar belakang budaya, sejarah, dan spiritual dari Gunung Bromo bagi masyarakat lokal di sana,” ucap sang turis melalui akun story instagramnya.

Turis yang berasal dari Jerman ini juga meminta maaf atas ketidak dewasaannya dalam bersikap. Ia beralasan keduanya hanyalah remaja yang tidak tahu sejarah dan budaya yang ada di Bromo. Dirinya juga mengatakan tidak bermaksud menghina budaya disini

“Kami tidak bermaksud menghina Anda dengan sengaja. Yang terjadi adalah 100 persen karena kurangnya pengetahuan dan pendidikan di pihak kami. Kami ingin menggunakan kehadiran media saat ini untuk mendidik orang-orang seperti kami dan menyebarkan kesadaran tentang ketidaktahuan budaya,” ucapnya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
286FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement