Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralBuruh Demo Minta Upah Naik 13 %

Viral: Buruh Demo Minta Upah Naik 13 %

Berita Terkini; Ribuan buruh melakukan demonstrasi di depan Istana Negara, Rabu (12/10/2022) siang. Mereka mengeluarkan enam tuntut kepada pemerintah. Buruh yang demo berasal dari 4 serikat buruh seluruh Indonesia.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, ada sekitar 6 ribu buruh dari berbagai organisasi yang hadir di lokasi. Aksi ini juga dilaksanakan serempak di 34 provinsi.

“Aksi ini serempak dilaksanakan di 34 provinsi, termasuk Jakarta. Melibatkan hari ini di Jakarta lebih dari 6 ribu buruh. Karena bisa dilihat dari bis-bis hampir kurang lebih 150 bis,” kata Said kepada Satu Viral di patung kuda dekat Istana Negara, Jakarta.

Para buruh menyerukan 6 tuntutan diantaranya kenaikan upah sebesar 13% di 2023, penurunan harga BBM. Said melanjutkan buruh juga menolak omnibus law uu cipta kerja, menentang PHK besar besaran di tengah ancaman resesi global.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Penumpang Mabuk Ngamuk, Pesawat Turkish Airlane Mendarat Darurat

Satuviral

Selain itu buruh juga menuntut reforma agraria dan yang terakhir mengesahkan RUU PPRT (Perlindungan Pekerja Rumah Tangga). Said menegaskan apabila pemerintah tidak mendengarkan tuntutan, para buruh mengancam akan ada aksi mogok buruh dalam skala nasional.

Ancam Mogok Nasional

“Pertengahan Desember 2022, kami mogok nasional. Yang sudah setuju partai buruh dan asosiasi serikat buruh, serikat petani. Ada juga serikat perempuan, serikat miskin kota, dan PRT,” sambungnya.

Mogok nasional tersebut, lanjutnya, akan diorganisir oleh Partai Buruh dengan diikuti oleh pekerja kelompok sosial lainnya. Tidak hanya itu, pihaknya mengancam stop produksi yang akan dilakukan oleh 3 juta buruh di 15 ribu pabrik di seluruh Indonesia.

“Jadi gini mogok nasional yang kita maksud itu di pabrik itu stop produksi. Buruh-buruh keluar, tapi didahului dengan pemberitahuan ya, kepada pihak berwenang. Setelah dia keluar, pabrik berhenti,” terang Said.

Ia menyebut mogok nasional dilakukan selama 5 hari dari Senin sampai Jumat, seperti saat mogok nasional 2012 lalu.

Dalam waktu dekat pihaknya berencana menggelar aksi lanjutan pada 10 November. Hal ini dilakukan bila pemerintah tidak mendengarkan keenam tuntutan yang disuarakannya hari ini.

Pantauan Satu Viral, aksi unjuk rasa itu membuat Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, ditutup sementara. Polda Metro Jaya mengalihkan arus lalu lintas menuju kawasan itu untuk sementara waktu.

“Kita alihkan arus lalu lintas dari arah Istana dan Jalan Merdeka Barat ditutup untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin di Jakarta.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com