Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralCacar Monyet Sudah Nol Kasus, Rencana Vaksinasi Mungkin Batal

Viral: Cacar Monyet Sudah Nol Kasus, Rencana Vaksinasi Mungkin Batal

Rencana Vaksinasi Mungkin Batal

Info Viral: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan kepada publik bahwa kasus cacar monyet sudah tidak ada lagi di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hanya ada 1 kasus cacar monyet (monkey pox) yang sempat terdeteksi di dalam negeri.

Namun, keadaan pasien kian membaik setelah menjalani isolasi mandiri (isoman) selama 21 hari. Kini, pasien sudah sembuh.

“Iya, sekarang sudah nol kasus. Dan hanya ada 1 kasus (yang waktu itu) sampai saat ini,” kata Nadia saat dihubungi, Rabu (11/1).

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Pemerintah Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar Monyet, Begini Cara Mendapatkannya

Satuviral

Tak Ada Rencana Vaksin Cacar Monyet

Nadia mengungkapkan Kementerian Kesehatan juga belum berencana memberikan vaksin cacar monyet pada 2023 karena belum ada penularan kasus yang terdeteksi di Indonesia.

Sementara Kementerian Kesehatan telah memesan 2.000 dosis vaksin cacar monyet yang didatangkan dari Bavaria, Denmark.

Kementerian Kesehatan tidak lagi melakukan pengadaan vaksin, melainkan lebih fokus pada tujuannya untuk mengubah sistem kesehatan yang terdiri dari enam pilar. Program tersebut menjadi prioritas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Keenam pilar tersebut adalah transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Sistem Kesehatan Enam Pilar

Pada pilar pertama, Kementerian Kesehatan meningkatkan upaya dengan merevitalisasi 300.000 posyandu dengan peralatan medis yang mumpuni seperti USG dan alat pemeriksaan jantung, sekaligus meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Pergeseran kesehatan ini sejalan dengan pesan dari menteri kesehatan. Jadi tidak ada (penawaran vaksin cacar monyet) karena tidak ada kasus lagi,” ujar Nadia.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
FILE PHOTO Test tubes labelled 8220Monkeypox virus positive8221 are seen in this illustration taken May 23 2022 REUTERSDado RuvicIllustration

Ini Alasan WHO Mengubah Nama Cacar Monyet jadi ‘mpox’

Satuviral

Kasus cacar monyet pertama diumumkan pada Agustus 2022. Kasus tersebut terdeteksi pada seorang warga negara Indonesia di Jakarta.

Kasus cacar monyet yang pertama adalah seseorang yang baru kembali dari perjalanan ke luar negeri. Negara yang dikunjunginya termasuk 89 negara yang terdeteksi cacar monyet atau kasus cacar monyet pada 8 Agustus 2022.

Penemuan kasus terkonfirmasi positif cacar monyet pertama di Indonesia merupakan hasil deteksi dini terhadap pasien. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa tersangka.

Namun, berdasarkan pemeriksaan lebih lanjut, puluhan tersangka dipulangkan dari rumah sakit karena tidak terbukti positif cacar monyet.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral