Tuesday, February 27, 2024
HomeTrending ViralCalon Pengantin Wajib Punya Sertifikat ELSIMIL Siap Hamil, Begini Caranya

Viral: Calon Pengantin Wajib Punya Sertifikat ELSIMIL Siap Hamil, Begini Caranya

Sertifikat ELSIMIL Bertujuan Cegah Stunting

Info Viral: Calon pengantin yang hendak menikah kini harus memiliki Surat Keterangan Nikah dan Hamil Secara Elektronik (ELSIMIL). Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag). begini cara mendapatkan Sertifikat ELSIMIL.

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo menyatakan pasangan yang tidak memiliki sertifikat ELSIMIL tidak boleh menikah. Peraturan tersebut berlaku mulai Maret 2023.

Viral: Kisah Irawati Puteri, SPG Nugget Lolos Beasiswa Stanford

Satuviral

“Kalau tidak punya sertifikat Elsimil, maka tidak bisa menikah. Jadi, saya mohon kepada KUA untuk tidak membiarkan pasangan yang tidak memiliki sertifikat Elsimil menikah,” kata Hasto dalam keterangan pers yang ditulis Satu Viral, Kamis (02/03).

Elsimil merupakan inovasi dari BKKBN yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting. Sertifikat ini ditujukan kepada kedua mempelai dimana mampu mendeteksi lebih awal kemungkinan kelahiran bayi stunting berdasarkan kesehatan calon pengantin.

Sertifikat Elsimil- Satu viral – SATUVIRAL
Sertifikat Elsimil- Satu viral

Hasto mengatakan, mendapatkan sertifikat ini sangat mudah. Pertama calon mempelai mengunduh aplikasi Elsimil di elsimil.bkkbn.go.id. Pengantin harus mengunduh aplikasi ini tiga bulan sebelum pernikahan mereka.

- Advertisement -

Selanjutnya mereka harus memeriksa kesehatannya secara berpasangan. Calon pengantin cukup memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit.

“Setelah selesai pemeriksaan, calon pengantin tinggal mengisi kuesioner dan data di formulir aplikasi Elsimil. Kalau hasil test lolos, sertifikat langsung terbit,” jelasnya.

Data yang diisi meliputi usia, status gizi (berat badan, tinggi badan, ukuran lengan dan perut, kadar hemoglobin (Hb)), dan perilaku merokok.

Dokter Hasto menambahkan, meski peserta gagal test, kedua mempelai masih bisa mendapatkan sertifikat dan menikah. Jika ada hasil tes yang tidak memenuhi syarat, tim kesehatan akan menindaklanjuti dengan pemeriksaan berikutnya.

Setelah melewati serangkaian tes berikutnya, masing-masing calon pengantin akan diberikan sertifikat ELSIMIL.

“Jadi bukan seperti sertifikat hasil pelatihan yang memiliki nilai mutlak,” kata Hasto.

Cara Daftar Elsimil secara Online

Sertifikat Elsimil- Satu viral – SATUVIRAL
Sertifikat Elsimil- Satu viral

Viral: Laga Persija vs Persib di GBK Ditunda karena Ada Konser Blackpink

Satuviral
  1. Unduh aplikasi Elsimil di Google Playstore atau Apple App Store; 
  2. Lakukan registrasi dengan menuliskan identitas pada kolom yang sudah disediakan seperti NIK dan nama; 
  3. Klik ‘tambahkan pasangan’, maka akan muncul kode dan tutorial; Sebaiknya tutorial di screenshot agar bisa dikirim ke pasangan sebagai panduan agar akun kedua calin pengantin bisa saling terintegrasi. 
  4. Lakukan cek kesehatan dan vaksin di puskesmas, mintalah data tinggi badan (TB), berat badan (BB), Hb (Hemoglobin) dan lingkar lengan kepada bidan. Catatan: Pastikan tidak sedang haid agar bisa cek Hb. 
  5. Jika sudah mendapatkan data TB, BB, HB, dan lingkar lengan, klik menu ‘kuesioner’ kemudian pilih sub menu ‘mulai kuesioner’;
  6.  Jika sudah, maka kolom TB, BB, dan Lila akan muncul, silahkan isi sesuai data saat cek kesehatan di puskesmas; 
  7. Setelah itu, tuliskan tempat Anda melakukan cek kesehatan, misalnya: Puskesmas Banjarnegara. 
  8. Jika puskesmas tempat Anda periksa tidak muncul, maka pilih ‘lainnya’ yang ada di urutan paling bawah  
  9. Jika sudah terisi, maka sertifikat Elsimil akan muncul kemudian klik cetak/print untuk persyaratan mendaftar pernikahan di KUA.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -