Advertisement
Sunday, May 22, 2022
Advertisement

Cara Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Bau mulut merupakan hal yang wajar saat berpuasa. Namun, beberapa orang mungkin merasa terganggu dan berharap mereka bisa menghentikannya.

Kamu dapat mengikuti saran seperti menghindari makanan tertentu, menyikat gigi secara teratur, dan berkumur setelah makan.

Salah satu keluhan yang sering muncul adalah bau mulut saat berpuasa. Padahal, dalam waktu lama tidak ada makanan atau minuman di dalam mulut.

Lantas, mengapa kondisi ini bisa terjadi? Adakah cara untuk mencegahnya?

Brutal! Banyak Orang Ditembak di Stasiun Kereta Bawah Tanah Brooklyn

SatuViral

Bau mulut, juga dikenal sebagai Halitosis, dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kebersihan mulut yang buruk.

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, menyikat dan membersihkan mulut sebenarnya tidak dianjurkan.

Bahkan, beberapa orang menghindari melakukannya. Tapi tenang saja, ternyata ada trik yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi risiko bau mulut.

Hal Yang Tidak Dianjurkan Ketika Berpuasa

Selama puasa, dari matahari terbit hingga terbenam, menyikat dan membersihkan mulut tidak dianjurkan.

Hal ini membuat bau mulut saat puasa terdengar sebagai ancaman yang semakin nyata. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya bau mulut, di antaranya:

  • Saat sahur dan berbuka, hindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti jengkol atau keluarga bawang-bawangan.
  • Hindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi karena dapat memicu perkembangan bakteri di dalam mulut.
  • Banyak minum air putih saat sahur maupun berbuka agar mulut tidak kering.
  • Berkumur dengan air garam terutama sebelum tidur. Garam bersifat antiseptik sehingga dapat mencegah bau mulut.

WOW! Raffi Ahmad Video Call Dengan Miyabi

SatuViral

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Rutin sikat gigi dua kali sehari terutama setelah sahur dan sebelum tidur malam. Sikat gigi secara menyeluruh, pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.
  • Berkumur dengan mouthwash. Sebaiknya pilih mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Mouthwash berguna untuk membunuh bakteri di mulut dan menghilangkan bau mulut.
  • Sikat juga lidah kamu saat menyikat gigi. Lidah juga dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan timbulnya masalah bau mulut. Bersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi atau alat khusus yang banyak tersedia di pasaran.
  • Berhenti merokok, faktanya bahan kimia yang ada di dalam rokok bisa menjadi pemicu bau mulut. Zat-zat tersebut bisa meningkatkan risiko peradangan dan infeksi pada gigi serta gusi. 

Jika masalah bau mulut semakin parah, jangan dibiarkan begitu saja. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

Baca terus dan Support SatuViral menjadi media Berita Viral Hari Ini yang memberikan info viral terkini dan gosip viral untuk kamu.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

1,500FansLike
15,213FollowersFollow
3FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Categories

- Advertisement -