Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralCegah Cuaca Ekstrem, 5 Ton Garam Ditebar di Langit Jakarta

Viral: Cegah Cuaca Ekstrem, 5 Ton Garam Ditebar di Langit Jakarta

5 Ton Garam Ditebar di Langit Jakarta

Info Viral: Cegah cuaca ekstrem di Jabodetabek, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menebarkan berton-ton semaian garam ke awan di langit Jakarta.

Hal ini merupakan upaya modifikasi cuaca yang dilakukan dengan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC), bersama Wings Udara 1 Skuadron 2 TNI AU, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan berton-ton garam nantinya akan disebarkan secara manual menggunakan pesawat.

5 Ton Garam Ditebar di Langit Jakarta - Satuviral – SATUVIRAL

Warga Jakarta dan Depok Bakal Kena Denda 2 Juta yang Punya Mobil tapi Tidak Ada Garasi

Satuviral

Ia menjelaskan untuk Pesawat Cassa bisa memuat 2,4 ton dan butuh waktu 2 jam untuk mempersiapkan semaian dalam bentuk konsul-konsul. 

“Untuk jenis pesawat CN 212 bisa membawa 800 kilogram bahan semaian garam, sedangkan pesawat Hercules bisa memuat minimal 5 ton bahan semaian,” jelas Isnawa dalam keterangannya, Rabu (28/12/22).

Efektif Dilakukan Mulai Pagi Hari

Isnawa menegaskan, TMC hanya berlaku mulai pagi hingga pukul 17.00 WIB.

“Selain itu, hasil efektif baru akan keluar dalam 4-15 jam ke depan,” lanjutnya.

Menurut hasil koordinasi dengan TNI AU dan BRIN, kata Isnawa, mode pemrosesan TMC terbagi menjadi dua jenis, yaitu proses jumping dan mode kompetisi, kata Iswawa.

5 Ton Garam Ditebar di Langit Jakarta - Satuviral – SATUVIRAL

Jelang Natal, Volume Kendaraan Keluar Jakarta Meningkat

Satuviral

“Jumping process atau upaya memprematurkan awan hujan agar dicegat masuk ke wilayah Jakarta. Sehingga menjadi luruh dan hujan yang terjadi hanya sekadar gerimis,” jelas Isnawa. 

“Sedangkan modus tandingannya adalah membakar bahan semai garam dengan menambahkan inti kondensasi untuk mengganggu pertumbuhan awan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggunakan TMC untuk mengubah cuaca dalam waktu dekat.

“Tadi kita diskusikan beberapa hal yang akan kita atasi. Pertama Januari dan Februari kita akan melakukan TMC dengan BNPB kemudian memetakan kembali kerawanan bahayanya,” kata Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono di Graha BNPB, Jakarta, Selasa.

Untuk Antisipasi Curah Hujan

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto menjelaskan, modifikasi cuaca dilakukan untuk mengatisipasi curah hujan yang tinggi.

“Bekerja sama dengan provinsi DKI, pelaksanaannya nanti dilakukan oleh BRIN dan TNI AU, dan anggarannya berasal dari BNPB. Kami menerapkan TMC, teknologi modifikasi cuaca sudah dilakukan terus menerus,” jelas Suharyanto.

Suharyanto berharap perubahan cuaca akan berdampak dalam waktu dekat sehingga tidak mengganggu acara malam pergantian tahun.

Update terus dengan Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral