Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeHealthContek Tips Jaga Mental dari Efek Buruk Medsos

Viral: Contek Tips Jaga Mental dari Efek Buruk Medsos

Gunakan Medsos Untuk Kegiatan Positif

Berita Viral; Sobat Viral, siapa disini yang bisa hidup tanpa media sosial tiga harian saja? Kayaknya sehari ga buka media sosial, hidup berasa ga seru dan monoton. Tapi taukah kamu jika media sosial meningkatkan gangguan kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari Website Kemenkes, media sosial telah sampai pada tahap yang menyebabkan adiksi bagi penggunanya. Beberapa survei menunjukkan penggunaan media sosial berlebihan berpengaruh buruk pada kesehatan mental.

Salah satu survei yang dilakukan oleh American Psychiatric Association menemukan fakta bahwa dua pertiga responden setuju penggunaan medsos menurunkan kesehatan mental mereka.

Beberapa penelitian lainnya mengatakan medsos dapat memicu kecemasan, depresi, mengganggu kualitas tidur serta rasa minder dan iri dengki. Lautan informasi yang dibaca melalui medsos turut membuat seseorang mengalami pusing dan “penuh” pikiran. Efeknya bisa Dapat membuat otak kurang konsentrasi. tidak fokus. Sehingga mengurangi kemampuan daya ingat.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Apakah Kamu Depresi? Yuk Tes Kesehatan Mentalmu

Satuviral

Oleh sebab itu, penggunaan sosial media yang berlebihan tentu harus dihindari, agar kesehatan mental dapat terjaga secara stabil. Studi tentang relevansi penggunaan media sosial dan kesehatan mental juga pernah dilakukan di Indonesia tahun 2014.

Menurut data dari Indonesia Family Life Survery (IFLS) tahun 2014 sebanyak 22.423 orang berusia 20 tahun ke atas mengemukakan hidupnya ga seasyik teman-temannya yang ia lihat di Medsos.

Sebelum terlambat, ada baiknya kini kamu mulai membatasi penggunaan medsos. Satu Viral bagikan tips menjaga kesehatan dari media sosial

Batasi Waktu Penggunaan Medsos

Dilansir dari Halo Doc idealnya lamanya durasi penggunaan media sosial adalah 30 menit hingga 1,5 jam saja. Philip Cushman, seorang psikoterapis yang berasal dari California School of Professional Psychology pun turut menyarankan supaya masyarakat membatasi penggunaan media sosial maksimal 1,5 jam saja.

Rutin Detox Medsos

Beberapa riset menemukan bahwa lima hari hingga sepekan tanpa penggunaan Facebook dapat menurunkan tingkat stres. Sebaliknya malah meningkatkan kepuasan hidup. Hal yang sama juga terjadi dengan penerapan detoks media sosial lain seperti Instagram, Tiktok dan Twitter. dan Snapchat.

JIka kamu mengurangi penggunaannya selama 10 menit per hari selama tiga minggu berdampak pada menurunnya rasa kesepian dan depresi. Maka cobalah kamu lakukan detox medsos rutin. Ambil waktu saat Weekend satu hari tidak membuka medsos. Atau hanya membuka medsos benar-benar untuk hal penting. Letakkan ponselmu, atur mode silent dan lakukan hobimu di dunia nyata.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Kampanye Kesehatan Mental, Marshanda Luncurkan Batik Bipolar Disorder

Satuviral

Perbanyak Komunikasi di Dunia Nyata

Bagaimanapun, kamu hidup di dunia nyata sehingga perlu menjaga komunikasi dengan orang-orang yang nyata secara fisik. Mulailah dengan tidak mengecek ponsel saat kamu sedang menikmati quality time bersama keluarga atau sahabat. Misalnya saat tengah makan atau nongkrong dengan teman.

Letakkan ponselmu dan nikmatilah waktumu tertawa serta berbincang bersama mereka. Pun demikian saat kamu sudah memasuki waktu tidur, belajar, atau bekerja , letakkan jauh-jauh ponselmu.

Jalankan Hobi dan Ikut Banyak Komunitas

Bergaul dengan teman-teman atau komunitas di dunia nyata jauh lebih membahagiakan ketimbang di dunia maya. Kamu bisa merasakan sensasi bahagia dan semangat kembali saat bertemu dengan orang di dunia nyata.

Cobalah ikut komunitas dan kegiatan di dunia nyata. Keluarlah dari rumah untuk menikmati suasana tanpa membawa ponsel. Kunjungi teman atau saudara sekedar untuk say hello. Jalankan kembali hobimu yang tertunda. Jangan sampai kamu punya banyak teman di dunia maya, tapi tak ada orang yang bisa diajak nongkrong di dunia nyata.

Selamat Mencoba Sob! Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jangan ragu mencari pertolongan atau tempat curhat jika kamu merasa tidak baik-baik saja. Tak lupa jangan biarkan komentar kebencian menurunkan percaya diri dan menghilangkan semangat hidupmu.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com