Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralCuti Hamil 6 Bulan, Netizen Minta DPR Juga Tambah Cuti Ayah

Viral: Cuti Hamil 6 Bulan, Netizen Minta DPR Juga Tambah Cuti Ayah

Cuti diperpanjang, dan Dapat Gaji

Berita terkini, Ketua DPR Puan Maharani mendorong masa cuti ibu hamil diperpanjang menjadi enam bulan. Usulan ini dituangkan dalam RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA).

Netizen setuju dengan rencana ini. Tapi Netizen meminta agar cuti ayah juga diperpanjang. Lewat RUU KIA, cuti hamil berubah menjadi 6 bulan. Sementara ibu bekerja yang mengalami keguguran masa waktu istirahat menjadi 1,5 bulan.

Usulan ini lebih panjang dari cuti melahirkan yang diatur pada UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja. Dalan UU no 13, cuti melahirkan hanya selama 3 bulan.

“RUU KIA juga mengatur cuti melahirkan paling sedikit enam bulan. Selaam cuti tidak boleh diberhentikan dari pekerjaan,” kata Puan dalam keterangannya pers dikutip oleh Satu Viral.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Terkuak! Sosok Dito Mahendra, Cucu Jendral Yang Laporkan Nikita Mirzani?

Satuviral

Selain itu, ibu yang cuti hamil harus tetap memperoleh gaji. Selain itu mendapatkan juga jaminan sosial perusahaan maupun dana tanggung jawab sosial perusahaan.

- Advertisement -

RUU KIA juga mengatur penetapan upah bagi Ibu yang sedang cuti melahirkan. Untuk 3 bulan pertama masa cuti, ibu bekerja mendapat gaji penuh dan mulai bulan keempat upah dibayarkan sebanyak 70 persen.

Puan menyebut RUU ini dirancang untuk menciptakan SDM Indonesia yang unggul. Menurutnya ibu wajib mendapat waktu yang cukup untuk memberikan ASI bagi anak-anaknya. Hal ini juga berlaku bagi ibu yang bekerja.

“Perempuan memiliki potensi dalam perkembangan bisnis yang akan memberikan kontribusi berarti bagi perekonomian Indonesia,” ungkap Puan.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) akan dibahas lebih lanjut untuk menjadi undang-undang.

Netizen Minta Cuti Ayah Juga Diperpanjang

Usulan Puan mendapat respon beragam dari netizen di Twitter. Sebagian netizen mendukung kebijakan yang baik bagi ibu melahirkan dan bekerja itu.

Sejumlah netizen mengaku jika kebijakan cuti hamil selama enam bulan sudah diterapkan. Tak hanya itu, ia juga beruntung perusahaannya menerapkan cuti menstruasi setiap bulan.

“Di http://Sekolah.mu, tempat aku kerja, istri dapat cuti melahirkan 6 bulan, suami dapat 1 bulan. Ada cuti “menstruasi juga setiap bulan. http://Sekolah.mu,” tulis warganet lainnya yang merujuk pada tempatnya bekerja.

Sebagian warganet menyarankan agar sang ayah yang istrinya melahirkan juga mendapatkan perpanjangan cuti melahirkan.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Caucasian father holding baby

Voox Media : Pamer Pengalaman Sex Berkedok Sex Education?

Satuviral

“Kalau di sebuah negara di eropah, Ibu dapat jatah cuti melahirkan 3 bulan, bapak juga dapat jatah 3 bulan. Total bayi 6 bulan dibawah pengawasan ortu.,” komentar warganet lainnya.

“Selain cuti melahirkan jadi 6 bulan, ini gak kalah pentingnya. Meski suami gak melahirkan tapi kehadiran suami pada saat istri persalinan tuh gak kalah pentingnya dan itu menurut urg hak bagi para suami yg harus diberikan. Ya setidaknya di awal2 masa istri melahirkan (1-2 bln),” cuit warganet lainnya.

Netizen lain meresahkan jika aturan cuti 6 bulan justru membuat perusahaan enggan mempekerjakan perempuan sebagai buruh.

“Oh ya, cuti melahirkan 6 bulan juga bisa menimbulkan resistensi perusahaan dalam mempekerjakan perempuan,” cuit seorang warganet.

“Kalo ga hati-hati, justru mempertebal pesan bahwa tanggung jawab pengasuhan anak hanya ada pada ibu. Tujuannya baik. Tapi banyak pilihan lain yang lebih strategis dan membawa dampak perbaikan jangka panjang. @puanmaharani_ri,” komentar seorang warganet.

Sedangkan netizen lain mengingatkan jika cuti 6 bulan diterapkan, perusahaan harus memberikan bujet tambahan bagi pekerja yang menggantikan posisi yang kosong selama cuti.

“Eike yang sering kebagian beban tambahan pekerja yang cuti, tapi giliran turun gaji eike merasa tersinggung (gaji tetap),” kata salah satu akun di Twitter.

Menurut kalian bagaimana nih sob?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -