Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralDetik-detik Video Animasi Kapal Selam Titanic Meledak

Viral: Detik-detik Video Animasi Kapal Selam Titanic Meledak

Video Animasi Kapal Selam Titanic Meledak

Info Viral: Sebuah animasi menggambarkan saat kapal selam Titanic meledak menjadi viral di internet. Video tersebut mengumpulkan jutaan penayangan dalam beberapa hari setelah dirilis di YouTube.

Video berdurasi 6 menit 20 detik tersebut diunggah oleh akun AiTelly yang kerap membuat animasi teknis 3D. Video tersebut telah ditonton 5,5 juta kali sejak diunggah pada 30 Juni lalu.

Narasi dimulai dengan menjelaskan bahwa implosion adalah “proses penghancuran dengan cara runtuh ke dalam pada objek itu sendiri. Di mana ledakan meluas, ledakan berkontraksi.”

Video tersebut menyatakan bahwa Titanic berada di kedalaman 25.000 kaki di dasar Samudra Atlantik dengan “tekanan sekitar 5.600 pound per inci persegi”. “Itu hampir 400 kali tekanan yang kami alami di lapangan.”

Kehancuran Kapal Selam Titanic

Narator kemudian mengaitkan kehancuran kapal selam Titanic dengan tekanan hidrostatis yang tinggi di air sekitarnya. Dalam kasus kapal selam Titan, ledakan tersebut disebabkan oleh tekanan hidrostatik yang sangat tinggi dari air di sekitarnya, dan ledakan tersebut terjadi dalam waktu kurang dari satu milidetik.

- Advertisement -

Animasi tersebut disertai dengan gambar saat kapal selam bermerek OceanGate tiba-tiba membengkok dan terkoyak di bawah tekanan air.

“Puing-puing ditemukan hanya 1.600 kaki dari bangkai kapal Titanic. Adai lima bagian berbeda yang semuanya berada di dasar laut,” ujar sang narator.

Dia juga menyebutkan kegagalan besar konstruksi serat karbon kapal selam Titanic yang kontroversial.

“Teknologi yang ada didasarkan pada baja, titanium, dan aluminium. Inilah yang membuat kapal selam lain tidak bisa dihancurkan. Tapi Titan memiliki desain eksperimental,” katanya.

Animasi tersebut dibuat menggunakan software open source Blender.

Mereka menciptakan animasi Titan dengan mengambil informasi dan pengukuran yang dipublikasikan di OceanGate dan situs web Google tentang kapal selam, dan menghubungkannya ke perangkat lunak pemodelan 3D Blender—sebuah proses yang memakan waktu 12 jam.

Diketahui bahwa kapal selam Titanic mulai turun ke reruntuhan Titanic pada pagi hari tanggal 18 Juni. Kurang dari dua jam menyelam, kapal kehilangan kontak di kedalaman 5.500 kaki.

Penjaga Pantai AS kemudian mengungkapkan bahwa kapal selam itu mengalami ledakan hebat. Lima orang di dalamnya tewas.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -