Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeTrending ViralDiduga Selewengakan Donasi, Lembaga ACT Jadi Trending Twitter, Fakta dibaliknya Mengejutkan

Diduga Selewengakan Donasi, Lembaga ACT Jadi Trending Twitter, Fakta dibaliknya Mengejutkan

Gaji Direksi Fantastis, Capai Ratusan Juta

Berita Terkini; Lembaga sosial dan filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) tengah viral di sosial media. Tagar #JanganpercayaACT menjadi trending topik di Twitter sejak Senin (4/7/2022) dini hari. ACT mendadak beken diduga menyelewengkan uang donasi masyarakat.

Warganet ramai-ramai mempermasalahkan transparansi ACT dalam hal penyaluran dana donasi. Awal mulanya tagar itu viral dipicu dari postingan salah satu warganet @ayung_utriza. Ayung mempostingkan sampul majalah Tempo yang membahas ada penyelewengan di tubuh ACT.

“Cabut izin ACT! Tangkap pengurusnya, & sita semua uang ZIS ACT. Kembalikan ke umat via @Kemenag_RI,” tulis akun @Ayang_Utriza pada akun twitternya dikutip oleh Satu Viral.

Dalam sampul TEMPO tersebut tertulis ‘KANTONG BOCOR DANA UMAT”. Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap limbung karena pelbagai penyelewengan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pria Pendukung Penghina Nabi Muhammad Dipenggal, Fakta Dibaliknya Mengerikan!

Satuviral

Fakta Dugaan Penyelewengan Dana

Warganet lainnya yang bernama Eko Kuntadi turut mencuitkan soal gaji fantastis petinggi ACT. Gaji petinggi ACT diduga mencapai ratusan juta rupiah.

“Gaji CEO Rp250 juta sebeluan. Level tengah bisa Rp80 juta sebulan. Fasilitas kendaraan Alphard atau Fortuner. Semua hasil mengepul sumbangan. Komisaris sama dirut BUMN mah, lewat,” cuitnya dalam akun @_ekokuntadhi.

Tak hanya besaran gaji, pendiri dan pengelolanya ditengarai memakai donasi masyarakat untuk kepentingan pribadi. Salah satunya menikmati fasilitas mobil mewah. Mobil Toyota Alphard hingga Mitsubishi Pajero Sport diberikan kepada petinggi sebagai kendaraan dinas operasional.

Eko menilai besaran gaji dan fasilitas mobil dinas ini adalah sebuah hal yang sangat fantastis. Mengingat ACT hanyalah merupakan lembaga pengumpul sumbangan alias lembaga nirlaba.

Politisi PSI, Mohamad Guntur Romli juga ikut menanggapi terkait laporan Tempo tersebut. Ia menyodorkan sebuah fakta bahwa ACT menjadi salah satu sponsor dari kegiatan ormas islam radikal buku 212.

Dalam cuitannya pada akun @GunRomli, ia menyoroti sebuah berita lawas tahun 2017. Dalam berita menyebut bahwa ACT menjadi salah satu sponsor dari buku “212” yang ditulis oleh Jonru F Ginting. Jonru adalah tersangka hate speech tahun 2017.

“ACT sponsori Jonru & 212. Disponsori ACT, Apa Isi Buku ‘212’ yang Disita Polisi dari Jonru,” tulis Guntur Romli.

Sampai saat artikel ini dibuat, cuitan tersebut sudah disukai lebih dari 1.400 kali. Juga sudah di retweet lebih dari 590 warganet. Pantauan Satu Viral, tagar #janganpercayaACT mencapai 2.092 tweet sampai Senin (4/7/2022) dini hari.

Indonesia Kini Punya 37 Provinsi, Ini Profile 3 Provinsi Baru

Satuviral

ACT belum menerbitkan laporan keuangan tahun 2021. Padahal di dalam website resminya, ACT rutin memposting laporan keuangan setiap tahunnya. Diduga ACT tengah mengalami krisis keuangan sehingga sulit membuat laporan keuangan.

Netizen pun memberi berbagai komentar. Ada yang kaget dengan dugaan penyelewengan ini . Ada yang percaya dan ada pula yang tidak percaya.

“Hati2 dlm memberikan bantuan/sumbangan. Byk lembaga badan amal & bantuan kemanusiaan yg membelokkan aliran dananya untuk kegiatan terorisme,”tulis @mahasiswagnz.

“Saya sih sudah nggak percaya ACT sejak pertama kali kenal nama itu,”: ujar Puguh Dwi Cahyono.

“ACT ini kan lembaga amal yg mengirim bantuan ke teroris suriah,” ujar @ijaaaaarrr.

Profil dan sejarah ACT

Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana. Lembaga ini berdiri tanggal 21 April 2005. Mereka melakukan kegiatan sosial mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan pasca-bencana.

Organisasi ini pertama kali melakukan aksinya sejak tahun 1994 di Liwa, Lampung Barat . ACT dikabarkan dapat menghimpun dana sampai ratusan miliar setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2020, organisasi itu menghimpun donasi sebesar Rp. 462 miliar.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,604FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
287FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement