Monday, March 4, 2024
HomeTrending ViralDokumen Penting Yang Harus Diteliti Saat Membeli Rumah

Viral: Dokumen Penting Yang Harus Diteliti Saat Membeli Rumah

Dokumen Penting Yang Tidak Boleh Terlewat

Info Viral – Membeli rumah adalah salah satu keputusan finansial terbesar yang dapat diambil oleh seseorang.

Ketika seseorang memutuskan untuk membeli rumah, ada beberapa dokumen penting yang harus diperiksa sebelum melakukan transaksi pembelian.

Dokumen ini akan membantu calon pembeli untuk memastikan bahwa properti yang akan dibeli aman dan bebas masalah hukum.

Berikut adalah beberapa dokumen penting yang harus diperiksa saat membeli rumah.

Jual rumah – SATUVIRAL

Viral: Membeli Rumah Dengan Cara Yang Baik dan Benar

Satuviral
  1. Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) Sertifikat Hak Milik atau Sertifikat Hak Guna Bangunan adalah dokumen yang menunjukkan kepemilikan atas tanah atau bangunan yang akan dibeli.
    Sertifikat ini harus diperiksa untuk memastikan bahwa kepemilikan atas properti tersebut sah dan tidak sedang dalam sengketa hukum.
    Selain itu, periksa juga apakah sertifikat tersebut asli dan terdaftar di kantor pertanahan setempat.
  2. Bukti Pembayaran Pajak Sebelum membeli rumah, pastikan bahwa penjual telah membayar semua pajak yang terkait dengan properti tersebut, seperti pajak bumi dan bangunan, serta pajak penjualan atas properti.
    Periksa bukti pembayaran pajak dan pastikan bahwa semuanya telah terbayar penuh.
  3. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) IMB adalah izin yang diperlukan untuk membangun sebuah gedung atau rumah. Periksa apakah properti tersebut memiliki IMB yang sah dan terkini. Pastikan bahwa properti tersebut tidak melanggar peraturan zonasi dan regulasi yang ada di kota atau wilayah tersebut.
  4. Surat Kuasa Jual Beli (SKJB) SKJB adalah surat yang dikeluarkan oleh pemilik asli properti yang memberikan kuasa kepada agen atau pihak lain untuk menjual atau membeli properti tersebut. Pastikan bahwa SKJB yang dimiliki oleh penjual asli sah dan terkini. Jika ada agen real estate yang terlibat, pastikan bahwa agen tersebut memiliki SKJB yang sah dan valid.
  5. Sertifikat Lainnya Selain dokumen-dokumen di atas, pastikan juga untuk memeriksa dokumen-dokumen lain seperti surat-surat hak milik tanah, izin-izin dari pemerintah setempat, dan perjanjian-perjanjian dengan pihak lain yang terkait dengan properti tersebut.
    Dokumen-dokumen ini dapat membantu memastikan bahwa properti yang akan dibeli aman dan bebas masalah hukum.

Kesimpulannya, membeli rumah adalah keputusan finansial besar yang harus dilakukan dengan hati-hati.

- Advertisement -

Pastikan untuk memeriksa semua dokumen yang terkait dengan properti tersebut dan meminta bantuan dari ahli hukum atau agen real estate jika diperlukan.

Dengan memeriksa dokumen-dokumen tersebut, calon pembeli dapat memastikan bahwa properti yang akan dibeli aman dan bebas masalah hukum.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -