Saturday, February 24, 2024
HomeTechDosen IPB Ciptakan Madsaz, Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Viral: Dosen IPB Ciptakan Madsaz, Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Info Viral: Aplikasi penerjemah tangisan bayi yakni Madsaz berhasil diciptakan oleh Dosen Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB). Aplikasi ini dikembangkan oleh Medhanita Dewi Renanti, dosen Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB.

“Manfaat dari aplikasi ini alhamdulillah sudah banyak membantu ibu-ibu, utamanya yang baru punya anak untuk menerjemahkan tangisan bayinya,” kata Medhanita, seperti dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud, Selasa (2/5).

Medhanita menceritakan bahwa ide awal untuk aplikasi ini pertama kali muncul pada tahun 2011. Dia sedang hamil saat itu dan menghadiri seminar tentang perkembangan anak.

“Saya dapat  informasi bahwa bayi itu memiliki bahasa yang dapat dimaknai atau diartikan oleh orang dewasa dan saat itu memang belum ada software yang berbasis Android untuk menerjemahkan tangisan bayi,” katanya.

Dari situlah muncul ide untuk membuat aplikasi. Awalnya ia mengembangkannya dalam bentuk desktop sekitar tahun 2013.

Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi - Satuviral – SATUVIRAL

Megahnya Indoor Multifunction Stadium GBK yang Berstandar Internasional

Satuviral
- Advertisement -

Setelah diluncurkan pada tahun yang sama, Medhanita mengembangkan kembali aplikasi tersebut. Pada tahun 2015 kembali dikembangkan dalam bentuk aplikasi Android.

“Aplikasi ini tersedia dalam dua bahasa, Inggris dan Bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga bersifat universal dan dapat digunakan oleh semua bayi,” kata Medhanita.

Info viral menyebut, Madsaz diklaim memiliki tingkat akurasi tinggi dalam menerjemahkan tangisan bayi. Akurasi penerjemahan aplikasi ini disebut mencapai 94 persen.

“Aplikasi yang dibuatnya bisa digunakan untuk bayi usia 0 hingga 3 bulan. Untuk bayi di luar usia itu, aplikasinya masih berfungsi, hanya saja tidak seakurat untuk bayi seusia itu,” kata Medhanita.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -