Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralDulu Pernah Beken, Kini 6 Start Up ini Lakukan PHK

Viral: Dulu Pernah Beken, Kini 6 Start Up ini Lakukan PHK

Perampingan Karyawan Karena Terdampak Pandemi

Info Viral: Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) serta gulung tikar startup masih terjadi. Tercatat ada puluhan start up yang mem-PHK serta gulung tikar dari Januari hingga Oktober 2022. Sejumlah nama bahkan terkenal dan pernah berjaya di masa lalu.

Bahkan sejumlah startup diketahui mendapat kucuran dana investor yang tak main-main. Namun pandemi memang sangat ganas menumbangkan dunia usaha. Tak hanya PHK, sejumlah startup bahkan gulung tikar selama 2022.

Beragam faktor membuat mereka tumbang. Seperti kehabisan modal, penjualan yang tak kunjung menutupi biaya operasional hingga penghematan biaya operasional kantor.
Berikut daftar deretan startup yang melakukan PHK hingga menutup layanan sejak awal 2022:

Info Viral: Ogah Bayar COD, Pembeli Ancam Kurir SiCepat Pakai Golok

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Fabelio

Ini adalah startup penjualan jasa desain interior dan furniture di bawah PT Kayu Raya Indonesia. Fabelio resmi dinyatakan pailit per 5 Oktober 2022. Perusahan ini menyebarkan pengumuman pailit berdasarkan putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.47/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Niaga.JKT.PST.

Padahal sebelum pandemi Fabelio sangat terkenal sebagai salah satu platform dan aplikasi milenial untuk membeli furniture dan perlengkapan rumah.

Shopee Indonesia

Siapa yang tak kenal Shopee. Marketplace peringkat lima besar di Indonesia ini menjadi mall online terlengkap se Indonesia. PT Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah karyawan perusahaan pada Senin (19/9).

Info Viral: Bersiap! Harga Rokok dan Vape Bakal Tambah Mahal, Segini Kenaikannya

Satuviral

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan PHK merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh perusahaannya sebagai efisiensi penghematan.

Ia mengatakan langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.
Ada ribuan karyawan Shopee yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan. Sebelumnya perusahaan melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

LinkAja

Layanan keuangan digital LinkAja melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan untuk merampingkan sumber daya manusia (SDM). Penyesuaian jumlah karyawan ini dilakukan untuk memastikan perusahaan bertumbuh secara optimal.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

“Penyesuaian organisasi SDM ini dilakukan atas dasar relevansi fungsi SDM tersebut pada kebutuhan dan fokus bisnis perusahaan ini,” ujar Head of Corporate Secretary Group LinkAja Reka Sadewo.

Zenius

Startup edukasi Zenius melakukan PHK terhadap lebih dari 200 karyawan. Ini karena perusahaan terdampak oleh kondisi makroekonomi Indonesia yang menurun. Pengurangan karyawan membuat perusahaan mudah beradaptasi dengan kondisi perekonomian di industri ini.

TaniHub

Tanihub yang merupakan startup yang menyalurkan hasil pertanian tak lepas dari PHK. tindakan PHK dilakukan dampak dari ditutupnya operasional gudang di Bandung dan Bali. Namun, perusahaan tidak menyebutkan jumlah karyawan yang terdampak.

Line

Platform penyedia berita online, Line sempat menjadi sorotan di media sosial karena telah melakukan PHK. Jumlah karyawan yang di PHK di Indonesia sekitar 80 karyawan. Kabar tersebut beredar di media sosial sejak 31 Mei 2022.

Meski demikian, pihak LINE sudah memberikan klarifikasi bahwa PHK memang terjadi. Namun jumlah karyawan yang terdampak tidak sampai ke angka yang disebutkan.

Kamu ada yang kena PHK ga Sob? Bagaimana caramu mempertahankan hidup?

Terus baca Satu Viral ya. Biar kamu ga kuper dan tetep update informasi berita viral, gosip viral, artis viral Indonesia dan berita terkini

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com