Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralEx Wartawan Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Mabes Polri Buka Suara

Viral: Ex Wartawan Jadi Kapolsek Kradenan Blora, Mabes Polri Buka Suara

Polri Belum Ambil Sikap Pada Iptu Umbaran

Info Viral: Pelantikan Kapolsek Kradenan Blora Iptu Umbaran Wibowo mendadak viral di masyarakat. Sebab selama ini diketahui ia pernah bekerja sebagai wartawan kontributor Lembaga Televisi (TVRI) Jawa Tengah sejak 2008 hingga 2021. Mabes Polri angkat bicara soal kontroversi tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi lengkap soal pelantikan tersebut. Pihaknya saat ini sedang menanyakan kepada Polda Jawa Tengah kronologis pelantikan tersebut.

Viral: Kemendikbud Dorong Kampus Gunadarma Bentuk Satgas Pengusutan Kekerasan Seksual

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Namun, belakangan ada kabar Iptu Umbaran dicopot dari jabatannya.

“Ini yang lagi ditanyakan. Kami (Mabes Polri) mau dengar langsung dari Bapak Kapolda (Jateng), kemudian kabid humas. Mereka sudah mengomunikasikan dengan Karo SDM, dan Dirintel kami komunikasikan dahulu,” kata Dedi pada Satu Viral, Kamis (15/12) di Jakarta.

Santer beredar usai berita ini geger, Iptu Umbaran langsung dicopot jadi jabatan Kapolsek. Deddy membantah dan mengatakan semuanya masih dalam proses komunikasi. Ia menjelaskan dalam sistem pengangkatan dan pencopotan kepolisian, rotasi jabatan setiap anggota Polri harus melalui proses asesmen.

Proses asesmen ini, lanjut Deddy akan dilakukan oleh Wakapolda Jateng sebagai pimpinan tertinggi di wilayah itu. Dedi menegaskan bahwa rotasi dan mutasi anggota Polri harus melalui mekanisme yang diketahui oleh wakapolda, termasuk perihal pencopotan Iptu Umbaran dari jabatan kapolsek.

“Nanti apabila sudah ada hasilnya, Kabid Humas (Polda Jateng) yang akan menyampaikan informasinya,” kata Dedi.

Iptu Umbaran Intel yang Menyamar Jadi Wartawan

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy membenarkan Iptu Umbaran Wibowo pernah bekerja sebagai pelapor wilayah Pati. Iqbal menjelaskan, Umbaran merupakan polisi aktif yang ditugaskan sebagai intel yang berkedok jurnalis. Statusnya di TVRI bukan pegawai tetap.

Iptu Umbaran memang anggota Polri dan benar-benar berkontribusi untuk daerah Pati di TVRI Jateng,” ujarnya kepada Satu Viral.

Viral: Koran di Jepang Bisa Dimakan

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Iptu Umbaran kapolsek Kradenan

Pada 2021, Umbaran pensiun dari kariernya sebagai jurnalis. Dia kemudian ditugaskan ke misi intelijen di daerah Blora. Misi intelijen akan selesai pada Januari 2021. Sejak saat itu, lanjut Iqbal, Iptu Umbaran diangkat menjadi Kabag Intel Polres Blora.

Ia kemudian dipromosikan dan sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Polres Blora. Hingga 12 Desember 2021, Umbaran belum dilantik sebagai Kapolres Blora.

Iqbal membantah ada isu pemecatan Kapolsek Kradenan Iptu Umbaran. Ia menegaskan Iptu Umbaran tetap menjadi Kapolsek Kradenan Blora. Penunjukan Umbaran juga sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Iptu Umbaran membenarkan dirinya pernah aktif sebagai jurnalis. Sebagai anggota Polri, ia menjalankan profesi tersebut sebagai bagian dari tugas intelijen.

“Dulu saya pernah aktif di dunia jurnalistik. Itu bagian dari kepemimpinan dan amanah saya,” ujarnya, Senin (12/12).

Acara serah terima pejabat utama dan jabatan Kapolres Blora berlangsung Senin (12/12) di halaman depan Mapolres Blora. Upacara tersebut diresmikan oleh Kapolres Blora AKBP Fahrurrozi.

Baca terus Satu Viral Sobat. Dapatkan berita viral terkini, info gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia disini.

Popular Categories

Ads on Satuviral