Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeFilmFakta Dibalik Film Pengkhianatan G30S/PKI yang Tak banyak Orang Tau

Viral: Fakta Dibalik Film Pengkhianatan G30S/PKI yang Tak banyak Orang Tau

Pernah Dapat Piala Citra Dua Kali

Info terkini; Peringatan gerakan 30 September atau G30S/PKI setiap tahun selalu diperingati dengan pemutaran film. Bahkan dahulu film Pengkhianatan G30S/PKI menjadi film wajib yang diputar di seluruh stasiun TV Indonesia tiap tanggal 30 September. Tak banyak yang tahu, film ini pernah meraih Piala Citra dan mencatat rekor film terlaris dimasanya.

Berikut sejumlah fakta yang tak banyak orang tau terkait film Pengkhianatan G30S/ PKI. Film yang berdurasi 271 menit ini dibuat tahun 1984 oleh sutradara Arifin C. Noer . Dwipayana bertindak sebagai produser. Sementara Nugroho Notosusanto menjadi penulis jalan cerita. Saat itu Noto Susanto menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Jailangkung: Sandekala, Teror Boneka Mistis

Satuviral

Sementara rumah produksinya adalah perusahaan pelat merah PFN. PFN adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola pembiayaan film dan konten untuk pemerintah. Dalam sejarah, film ini pertama kali ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 30 September 1985. Pemutarannya terus berlangsung hingga 1998 setiap tanggal 30 September.

Pengkhianatan G30S/PKI menceritakan penculikan hingga pembunuhan para perwira tinggi Angkatan Darat, seorang ajudan, dan pengawal. Pembunuhan ini terjadi pada 30 September 1965.

Perwira tinggi yang menjadi korban tersebut di antaranya adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Soeprapto, Mayjen MT Harjono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, Lettu Pierre Tendean, Brigadir Polisi KS Tubun, Kolonel Katamso dan Letkol Sugiono.

Tercatat Sebagai Film Terlaris Sepanjang 1985- 1990 an

Walau kini film ini sudah tidak wajib tayang di TV, namun film ini pernah tercatat sebagai film terlaris di Indonesia. Sejumlah penghargaan pernah didapatkan film ini. Diantaranya tujuh penghargaan di Festival Film Indonesia. Serta dua Piala Citra dari Festival Film Indonesia (FFI) di tahun 1984 dan 1985 silam.⁠

Setidaknya ada dua kategori yang berhasil diraih untuk film kontroversial tersebut. Yaitu Skenario Adaptasi Terbaik di tahun dan Film Terlaris.⁠ Pemerintah memutuskan menghentikan penayangan film ini per 24 September 1998. Pasalnya banyak kontroversi kebenaran dibalik kisah pembunuhan 30 September 1965.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com