Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralFakta Unik Penyelenggaraan Asean Para Games 2022

Fakta Unik Penyelenggaraan Asean Para Games 2022

Acara Berlangsung Juli 2022

Berita Viral, ASEAN Para Games (APG) 2022 bakal digelar 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Solo, Jawa Tengah. Kota Solo dipilih menjadi tuan rumah menggantikan Vietnam yang memutuskan mundur.

Pengajuan diri Indonesia sebagai penyelenggara ASEAN Para Games 2022 karena Solo selama ini memang dikenal sebagai kota yang ramah disabilitas. Apalagi Solo telah menjadi bagian dari konsep kota inklusif.

APG adalah pesta olahraga dua tahunan paling bergengsi bagi para atlet disabilitas. Tahun ini APG sudah terselenggara selama 11 kali. Sebanyak empat belas cabang olahraga akan dipertandingkan. Berita terkini lebih dari 1.600 atlet dari 11 negara akan berpartisipasi.

Logo dan Maskot Kental Nuansa Jawa

Panitia Pelaksana ASEAN Games atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) telah resmi meluncurkan logo dan maskot ASEAN Para Games ke-11. Maskot acara ini kental dengan nuansa budaya Indonesia terutama budaya Jawa.

Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan Logo 11th ASEAN Para Games 2022 bernama Rajamala (dibaca: Rojomolo).

Rajamala merupakan hiasan depan perahu yang digunakan untuk menjemput permaisuri Paku Buwono IV dengan menyusuri sungai Bengawan Solo. Sang permaisuri berasal dari Madura.

Contek Tips Diet Sirtfood ala Adele, Turun sampai 45 kg

Satuviral

“Maskot ini menggambarkan Nuansa Indonesia yang diwakili dalam tiga bentuk khas. Ketiganya yakni keris, wayang gunungan, dan aksara Jawa Hanacaraka,” jelas Gibran saat jumpa pers seperti dikutip Satu Viral.

Rajamala merupakan simbol kekuatan untuk menolak bala atau aura negatif. Selain itu, Gibran menjelaskan di dalam Rajamala terdapat pusaka keraton Solo berbentuk Canthik.

“Pusaka ini melambangkan kebesaran Keraton Surakarta yang mana Kota Solo jadi tuan rumah,” katanya.

Sementara Logo ASEAN Para Games 2022 terdapat kandungan bentuk-bentuk artistik bermakna yaitu keris, wayang gunungan, dan aksara Jawa Hanacaraka.

Ketika hal tersebut menggambarkan peranan aktif, pengharapan, dan keseimbangan. Juga menggambarkan tekad bulat untuk tumbuh dan senantiasa lebih baik di setiap babaknya.

“Sama seperti pohon yang terus tumbuh dan berguna, menjadi harapan yang akan membawa dampak positif bagi kehidupan,” jelas Gibran.

Jenis Olahraga yang Dipertandingkan

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan ada 14 jenis olahraga yang diusulkan. Cabang olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, angkat berat, dan basket kursi roda.

“Sebanyak 14 cabang olahraga ini akan digelar di empat belas venue di seputar Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang,” ungkapnya.

Workout Yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Berbuka Puasa

Satuviral

Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan sekitar 200 atlet untuk mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan.

Senny melanjutkan sebanyak 2.309 peserta akan ambil bagian dalam event ini. Rinciannya adalah 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara di Asia Tenggara.

“Negara yang sudah konfirmasi ikut ASEAN Para Games adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam,” kata Senny.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement